Loading...

Daftar Negara Anggota ASEAN

ASEAN atau yang disebut juga dengan Association of Southeast Asian Nations merupakan organisasi geo-politik dan juga ekonomi di kawasan A...

ASEAN atau yang disebut juga dengan Association of Southeast Asian Nations merupakan organisasi geo-politik dan juga ekonomi di kawasan Asia Tenggara. ASEAN didirkan pada tanggal 8 Agustus 1967 melalui Deklarasi Bangkok yang diprakasai oleh lima negara yaitu Indonesia,Singapura,Filipina,Malaysia,dan Thailand. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,kemajuan sosial,dan pengembangan kebudayaan negara - negara anggotanya,memajukan perdamaian dan stabilitas,serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan diantara anggotanya dengan damai. Berikut ini adalah kesepuluh anggota ASEAN yang diakui secara resmi :


1.Filipina


Filipina merupakan sebuah negara berbentuk republik yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Filipina merupakan salah satu dari kelima negara pendiri organisasi ASEAN. Filipina berbatasan dengan Indonesia disebelah selatan dan Malaysia disebelah barat. Ibukota dari negara Filipina adalah Manila dengan lagu kebangsaan Lupang Hinirang. Luas wilayah Filipina sebesar 300.000 Km2 dimana terdiri atas 7.107 pulau. Mata uang Filipina adalah Peso Filipina. Filipina memakai bahasa resmi Tagalog dan juga Inggris. Filipina merdeka pada tanggal 4 Juli 1946. Filipina memiliki mayoritas beragama katolik sebesar 80% ini dikarenakan Filipina merupakan bekas dari jajahan Spanyol.

2.Indonesia

Indonesia merupakan sebuah negara berbentuk republik yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Indonesia merupakan salah satu dari kelima negara pendiri organisasi ASEAN. Indonesia berbatasan dengan negara Singapura,Malaysia dan Filipina disebelah utara,Papua Nugini disebelah timur,dan Australia disebelah selatan. Ibukota negara Indonesia adalah Jakarta dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Indonesia merupakan anggota ASEAN yang memiliki wilayah terluas dan juga penduduk terbanyak. Luas Wilayah Indonesia sebesar 1.904.569 Km2 yang sebagian besar terdiri dari wilayah perairan,maka dari itu Indonesia disebut sebagai negara Maritim. Mata Uang Indonesia adalah Rupiah. Indonesia memakai bahasa resmi Bahasa Indonesia,walaupun banyak bahasa daerah yang ada di Indonesia. Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Indonesia memiliki tiga zona waktu yang dibagi menjadi Waktu Indonesia Barat (UTC+7),Waktu Indonesia Tengah (UTC+8),dan Waktu Indonesia Timur (UTC+9). Indonesia memiliki mayoritas beragama Islam dengan persentase sebesar 85,2% dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pemeluk agama Islam terbesar di dunia. Indonesia dijajah belanda selama 350 Tahun dan Jepang selama 3,5 Tahun sebelum akhirnya memperoleh kemerdekaanya.

3.Malaysia

Malaysia merupakan sebuah negara berbentuk Monarki Konstitusional yang berbentuk federasi (Mirip seperti kerjaaan) yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Malaysia merupakan salah satu dari kelima negara pendiri organisasi ASEAN. Malaysia berbatasan dengan Indonesia dan Singapura dibagian selatan,Brunei dan Thailand di utara,dan Filipina di timur. Kepala negara Malaysia memiliki gelar Yang di-Pertuan Agong,dengan kepala pemerintahannya dipimpin oleh seorang Perdana Menteri. Ibukota Negara Malaysia adalah Kualalumpur dengan lagu kebangsaan Negaraku. Malaysia memiliki luas wilayah sebesar 328.847 yang dipisahkan menjadi 2 bagian yang satu terletak di benua asia,dan satu lagi terletak di Kalimantan yang dipisahkan oleh wilayah Kepulauan Natuna di Laut Cina Selatan. Mata Uang Malaysia adalah Ringgit Malaysia. Malaysia memakai bahasa resmi Malaysia (Melayu). Malaysia memiliki mayoritas penduduk beragama Islam. Malaysia merupakan bekas jajahan negara Inggris.

4.Singapura

Singapura merupakan sebuah negara berbentuk Republik yang terletak di kawasan Semenanjung Malaya,Asia Tenggara. Singapura merupakan salah satu dari kelima negara pendiri organisasi ASEAN. Singapura berbatasan dengan Provinsi Kepulauan Riau,Indonesia di Selatan dan Negara Malaysia di Utara. Pelabuhan Singapura merupakans salah satu dari kelima pelabuhan tersibuk yang ada di dunia. Singapura merupakan salah satu negara maju yang ada di Asia,selain dari Jepang dan Korea Selatan. Singapura dulunya pernah bergabung dengan federasi Malaysia (Malaysia) namun berpisah dengan Malaysia pada tanggal 9 Agustus 1965. Ibukota negara Singapura ialah Singapura dengan lagu kebangsaan Majulah Singapura. Singapura memiliki wilayah sebesar 716 Km2,dan menjadikannya sebagai negara dengan luas wilayah terkecil di Asia Tenggara. Mata uang Singapura adalah Dollar Singapura yang merupakan salah satu mata uang dengan nilai terkuat di dunia. Singapura memiliki bandara terbaik di dunia sampai sekarang yaitu Changi Airport. Singapura memakai bahasa resmi nasional Inggris,Melayu,Mandarin dan Tamil. Singapura memiliki mayoritas penduduk beragama katolik. Singapura didirikan oleh Britania Raya (Inggris).

5.Thailand

Thailand merupakan sebuah negara berbentuk kerajaan yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Thailand merupakan salah satu dari kelima negara pendiri organisasi ASEAN. Thailand berbatasan dengan Laos,dan Kamboja di sebelah timur,Malaysia disebelah selatan,dan Myanmar di sebelah barat. Ibukota Thailand adalah Bangkok dengan lagu kebangsaan Pleng Chat Thai. Luas Wilayah Thailand sebesar 513.120 Km2. Mata uang Thailand adalah Baht. Zona waktu yang berlaku di Thailand sama dengan wilayah Indonesia bagian barat (UTC+7). Thailand memakai bahasa resmi nasional yaitu Bahasa Thai. Thailand merupakan negara asal dari salah satu bela diri terkenal didunai Muay thai. Mayoritas penduduk Thailand memeluk agama Buddha. Thailand merupakan satu - satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa manapun.

6.Brunei Darussalam

Brunei Darussalam merupakan sebuah negara berbentuk kesultanan yang terletak dikawasan Asia Tenggara. Brunei Darussalam bergabung dengan organisasi ASEAN pada tanggal 7 Januari 1984,dan menjadikannya sebagai anggota keenam dalam organisasi ASEAN. Brunei Darussalam berbatasan langsung dengan Malaysia bagian pulau Kalimantan. Ibukota Brunei Darussalam adalah Bandar Seri Begawan dengan lagu kebangsaan Allah Peliharakan Sultan. Luas Wilayah Brunei Darussalam sebesar 5.765 Km2 yang menjadikannya sebagai negara dengan wilayah terkecil kedua dikawasan Asia Tenggara. Brunei Darussalam menggunakan mata uang dollar Brunei. Bahasa resmi nasional yang berlaku di Brunei Darussalam adalah Bahasa Melayu.

7.Vietnam

Vietnam merupakan sebuah negara berbentuk Republik Sosialis yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Vietnam bergabung menjadi anggota ASEAN yang ketujuh pada tanggal 28 Juli 1995. Vietnam berbatasan dengan Republik Rakyat China di utara,Laos dan juga Kamboja di Barat. Ibukota Vietnam adalah Ho Chi Minh City dengan lagu kebangsaan Tien Quan Ca. Luas wilayah Vietnam sebesar 332.698 Km2. Vietnam menggunakan mata uang Dong Vietnam. Sama seperti Thailand,Vietnam juga menggunakan zona waktu (UTC+7). Bahasa Resmi yang berlaku di Vietnam adalah Bahasa Vietnam. Vietnam dulunya merupakan jajahan negara Perancis. Vietnam terkenal dalam salah satu perangnya dengan Amerika Serikat,dimana Amerika Serikat mengalami kekalahan dalam perang tersebut.

8.Laos

Laos merupakan sebuah negara berbentuk republik yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Laos bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 23 Juli 1997 bersamaan dengan negara anggota ASEAN lainnya Myanmar. Laos merupakan negara yang tidak memiliki wilayah lautan sedikitpun dan dikurung oleh negara - negara lain disekitarnya. Laos berbatasan dengan Vietnam dan Republik Rakyat Cina di sebelah barat laut,Vietnam di Timur,Kamboja di selatan,dan Thailand di barat. Ibukota Laos adalah Vientiane dengan lagu kebangsaan Pheng Xat Lao. Luas Wilayah Laos sebesar 236.800 Km2. Laos menggunakan mata uang Kip. Bahasa resmi yang berlaku di Laos adalah Bahasa Lao. Sama seperti Vietnam,Laos dulunya dijajah oleh negara Perancis.

9.Myanmar

Myanmar atau yang disebut juga Burma merupakan negara berbentuk Republik yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Myanmar bergabung dengan organisasi ASEAN pada tanggal 23 Juli 1997 bersamaaan dengan negara anggota ASEAN lainnya Laos. Myanmar berbatasan dengan China,Laos dan Thailand disebelah timur dan Bangladesh di sebelah barat. Ibukota Myanmar adalah Naypyidaw yang menggantikan Yangon sebagai ibukota. Lagu kebangsaan Myanmar ialah Kaba ma kyei. Luas wilayah Myanmar sebesar 676.578 Km2. Myanmar menggunakan mata uang Kyat. Bahasa resmi yang berlaku di Myanmar adalah Bahasa Myanmar. Sama seperti Laos dulunya Myanmar juga merupakan wilayah yang dijajah oleh negara Perancis.

10.Kamboja

Kamboja merupakan negara yang berbentuk kerajaan yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Kamboja bergabung dengan organisasi ASEAN pada tanggal 16 Desember 1998 dan menjadikannya sebagai anggota kesepuluh ASEAN. Kamboja berbatasan dengan Thailand dan Laos di utara,dan Vietnam di barat. Ibukota Kamboja adalah Phnom Penh dengan lagu kebangsaan Nokor Reach. Luas Wilayah Kamboja sebesar 181.035 Km2. Kamboja menggunakan mata uang Riel. Bahasa resmi yang berlaku di Kamboja adalah bahasa Khemer. Kamboja memiliki salah satu situs warisan dunia UNESCO yang terkenal yaitu Kuil Angkor Wat. Kamboja mayoritas penduduknya memegang agama Buddha.

Selain negara - negara diatas,ada beberapa negara yang direncanakan akan bergabung dengan organisasi ASEAN,antara lain adalah Timor Leste,Bangladesh,Papua Nugini,Palau dan Republik Tiongkok (Taiwan).

Nah,itu tadi dia kesepuluh negara anggota organisasi ASEAN. Bagaimana sekarang anda sudah tahu bukan negara mana saja yang merupakan anggota ASEAN? Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca sekalian dalam mengetahui negara anggota organisasi ASEAN. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaar selanjutnya :D


Umum 2178199681689727119

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Translate

Pasang Iklan

Contoh banner 2

Popular Posts

Artikel Pilihan

10 Orang Terkaya di Dunia 2018 Versi Majalah Forbes

Semua orang di dunia ini tentu bekerja dan berusaha untuk menjadi kaya dan sukses. Diantara sekian banyak orang kaya dan sukses di duni...

Followers

Kritik & Saran

Anda memiliki kritik ataupun saran mengenai artikel kami. Jangan ragu untuk menyampaikan. Kirimkan kritik dan saran anda ke laurensiussteven73@gmail.com . Terima kasih atas perhatiannya :D