Loading...

Macam-macam Gunung Api

Gunung Api,tentu merupakan keindahan alam yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan juml...

Gunung Api,tentu merupakan keindahan alam yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan jumlah Gunung Api terbanyak di dunia,ini dikarenakan Indonesia dilewati oleh dua sikrum yaitu Sikrum Pasifik dan juga Sikrum Mediterania. Beberapa Gunung Api yang terkenal di Indonesia adalah Gunung Merapi (D.I.Y),Gunung Tangkuban Perahu (Jawa Barat),Gunung Slamet (Jawa Tengah),Gunung Bromo (Jawa Timur),Gunung Sinabung (Sumatera Utara) dan lain sebagainya. Tentu,tiap gunung api memiliki bentuk dan juga aktifitas vulkanis yang berbeda. Berikut ini akan saya jelaskan macam-macam dari Gunung api.


A.Macam-macam Gunung Api berdasarkan bentuk dan proses terjadinya

Gunung Api berdasarkan bentuk dan proses terjadinya dibedakan menjadi tiga yaitu Gunung Api Maar,Gunung Api Kerucut (Strato) dan Gunung Api Perisai,berikut ini adalah penjelasannya :

1.Gunung Api Maar


Gunung Api Maar adalah gunung api yang memiliki bentuk seperti danau kecil (Danau kawah). Kata "Maar" berasal dari bahasa Jerman yang memiliki arti kawah. Gunung Api Maar dapat terjadi hanya karena adanya letusan. Bahannya terdiri atas Eflata. Contoh dari Bentuk Gunung Api seperti ini adalah Gunung Lamongan (Jawa Timur),Pengununggan Eifel (Jerman),dan Dataran Tinggi di Perancis Tengah.

2.Gunung Api Kerucut (Strato)


Gunung Api Strato adalah gunung api yang memiliki bentuk sepeti kerucut. Kata "Strato" memiliki arti lapisan. Gunung Api Strato terbentuk karena terjadi letusan dan lelehan (Epusif) secara bergantian. Bahannya berlapis-lapis,sehingga disebut lava gunung api Strato. Contoh Gunung Api Strato adalah Gunung Kerinci,Gunung Merbabu,Gunung Fuji (Jepang) dan rata-rata Gunung Api yang ada di Indonesia berbentuk Strato.

3.Gunung Api Perisai

Gunung Mauna Loa

Gunung Api Perisai adalah gunung api yang memiliki bentuk seperti perisai. Gunung Api Perisai terbentuk dari lelehan lava yang cair. karena lelehan tersebut,membentuk lereng yang sangat landai. Gunung Api Perisai terjadi karena magma cari keluar dengan tekanan rendah hampir tanpa letusan. Lavanya bersifat cair sekali. Indonesia tidak memiliki Gunung Api jenis ini,berikut contoh Gunung Api Perisai adalah Gunung Mauna Loa dan Gunung Kilauea di Hawai (Amerika Serikat).

B.Macam-macam Gunung Api berdasarkan aktivitasnya

Gunung Api berdasarkan aktifitasnya,dapat dibagi menjadi tiga macam yaitu Gunung Aktif,Gunung Mati,dan juga Gunung Istirahat. Berikut ini adalah penjelasannya

1.Gunung Aktif
Gunung Aktif adalah gunung api yang masih melakukan aktifitas vulkanis dan kawahnya selalu mengeluarkan asap. Pada Gunung Aktif,sering terjadi Gempa dan juga letusan. Contoh dari Gunung jenis ini adalah Gunung Tangkuban Perahu (Jawa Barat),dan Gunung Stromboli di Italia.

2.Gunung Mati
Gunung Mati adalah gunung api yang tidak meletus ataupun tidak pernah menunjukkan akitiftas vulkanik sama sekali. Sehingga Gunung Api jenis ini tidak melakukan aktifitas apapun. Contoh dari Gunung Mati adalah Gunung Patuha (Jawa Barat),Gunung Sumbing (Jawa Tengah)

3.Gunung Istirahat
Gunung Istirahat adalah gunung api yang sewaktu saat dapat meletus kemudian istirahat kembali (Tidak melakukan aktifitas vulkanik). Contoh dari Gunung Istirahat adalah Gunung Ciremai di Jawa Barat,dan Gunung Kelud di Jawa Timur.

Nah,itu tadi dia penjelasan mengenai macam-macam Gunung Api. Bagaimana sekarang anda sudah mengerti bukan mengenai macam-macam Gunung Api. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca sekalian dalam lebih memahami mengenai Gunung Api. Terima Kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D
Pengetahuan 7408489378335137012

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Translate

Pasang Iklan

Contoh banner 2

Popular Posts

Artikel Pilihan

10 Orang Terkaya di Dunia 2018 Versi Majalah Forbes

Semua orang di dunia ini tentu bekerja dan berusaha untuk menjadi kaya dan sukses. Diantara sekian banyak orang kaya dan sukses di duni...

Followers

Kritik & Saran

Anda memiliki kritik ataupun saran mengenai artikel kami. Jangan ragu untuk menyampaikan. Kirimkan kritik dan saran anda ke laurensiussteven73@gmail.com . Terima kasih atas perhatiannya :D