Loading...

Metode Berpidato

Pidato adalah salah satu bentuk komunikasi lisan pasif untuk menyampaikan tujuan atau topik dari seorang orator kepada khalayak ramai. ...

Pidato adalah salah satu bentuk komunikasi lisan pasif untuk menyampaikan tujuan atau topik dari seorang orator kepada khalayak ramai. Pastinya anda pernah mendengar seseorang berpidato bukan? Mungkin jika anda sering melihat orang berpidato ada orang yang memegang sebuah lembar kertas [Naskah] ada juga yang tidak memegan naskah,dan ada orang yang tiba-tiba disuruh maju untuk berpidato. Nah itu semua disebut dengan Metode Berpidato. Dalam berpidato ada 4 metode yang dipakai untuk membacakan pidato oleh seorang orator [Pembaca pidato] kepada para khalayak ramai. Berikut ini adalah keempat metode berpidato tersebut :

Metode dalam Berpidato :
1.Metode Naskah
2.Metode Menghafal
3.Metode Ekstemporan (Penjabaran kerangka)
4.Metode Impromptu (Spontan/langsung)

Berikut ini adalah penjelasan dari metode berpidato diatas beserta dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing metode :

1.Metode Naskah
Dalam metode naskah,seorang orator membacakan pidato berdasarkan naskah teks yang telah dibuat sebelumnya. Biasanya metode ini digunakan pada acara-acara penting dan resmi,seorang orator terpaku pada naskah pidato yang sudah dipersiapkan. Tujuan dari Metode ini agar tidak ada kesalahan kata maupun penyebutan,karena pidato yang menggunakan metode ini biasanya ditujukan untuk acara resmi dan penting.

*Kelebihan Metode Naskah :
a.Terencana dengan baik
b.Lengkap
c.Sistematis

*Kekurangan Metode Naskah :
a.Membosankan para mendengar
b.Kurangnya interaksi antara orator dengan khalayak ramai karena orator terlalu terpaku dengan naskah pidato yang dibacakan.

2.Metode Menghafal
Dalam metode menghafal seorang orator sudah terlebih dahulu menghapal dari sebuah rencana pidato yang sudah dipersiapkan sebelumnya oleh seorang orator. Sehingga tidak ada bacaan/naskah pidato yang dibawa pada saat sang orator berpidato.

*Kelebihan Metode Menghafal :
a.Melatih Daya Ingat
b.Tersusun Secara Sistematis
c.Tidak membosankan sebab terjadi interaksi antara orator dengan khalayak ramai saat orator menyampaikan pidato

*Kekurangan Metode Menghafal :
a.Jika terjadi lupa,maka akan sangat berbahaya karena dapat mengubah isi dari pidato yang seharusnya disampaikan
b.Kemungkinan terjadinya salah kata atau penyebutan.

3.Metode Ekstemporan (Penjabaran Kerangka)
Dalam metode ekstemporan orator mengambil pokok-pokok pikiran dari sebuah rencana pidato yang sebelumnya sudah dipersiapkan dan dicatat disebuah catatan kecil ataupun ditangan orator tersebut.

*Kelebihan Metode Ekstemporan :
a.Materi yang disampaikan urut dan sistematis
b.Tidak membosankan karena adanya interaksi antara orator dengan khalayak ramai.

*Kekurangan Metode Ekstemporan :
a.Orator mungkin akan sedikit kaku dalam membaca karena harus melihat catatan kecil yang sudah dipersiapkan sebelumnya

4.Metode Impromtu (Spontan/Langsung)
Dalam metode Impromptu seorang orator menyampaikan pidatonya tanpa perencanaan terlebih dahulu. Biasanaya metode ini hanya diberikan kepada orator yang berpengalaman serta berwawasan luas. Metode ini dipakai karena dibutuhkan pidato yang sifatnya mendadak sehingga dilakukan tanpa persiapan sama sekali.

*Kelebihan Metode Impromptu :
a.Bahasa yang digunakan singkat,jelas,dan padat
b.Tidak membosankan karena orator dapat menyesuaikan pidato dengan situasi saat pembacaan pidato berlangsung

*Kekurangan Metode Impromptu :
a.Materi yang disampaikan tidak urut dan tidak sistematis
b.Kemungkinan menggunakan kata yang tidak baku
c.Kemungkinan ada hal yang terlupa untuk disampaikan karena sifatnya yang mendadak.

Nah,itu tadi dia penjelasan mengenai metode dalam berpidato. Bagaimana sekarang anda sudah mengerti bukan metode apa saja yang digunakan seseorang untuk membaca pidato? Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca sekalian dalam lebih memahami mengenai metode berpidato. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D
Pengetahuan 4096258258351504415

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Translate

Pasang Iklan

Contoh banner 2

Popular Posts

Artikel Pilihan

10 Orang Terkaya di Dunia 2018 Versi Majalah Forbes

Semua orang di dunia ini tentu bekerja dan berusaha untuk menjadi kaya dan sukses. Diantara sekian banyak orang kaya dan sukses di duni...

Followers

Kritik & Saran

Anda memiliki kritik ataupun saran mengenai artikel kami. Jangan ragu untuk menyampaikan. Kirimkan kritik dan saran anda ke laurensiussteven73@gmail.com . Terima kasih atas perhatiannya :D