Daftar Maskapai Penerbangan Bintang 5 Versi Skytrax
Banyak sekali maskapai penerbangan yang ada di dunia ini. Mulai dari maskapai kecil hingga ke maskapai besar. Kenyamanan dan keamanan meru...
http://thekingslau.blogspot.com/2017/01/daftar-maskapai-penerbangan-bintang-5.html?m=0
1.Garuda Indonesia
Kita patut berbangga, karena salah satu maskapai penerbangan asal Indonesia yaitu Garuda Indonesia merupakan salah satu dari beberapa maskapai penerbangan yang mendapatkan label bintang 5 dari Skytrax. Memang, dari dulu di Indonesia, Garuda Indonesia sudah terkenal akan keamanan serta kenyamanannya. Maka tidak heran jika maskapai asal Indonesia yang satu ini mendapatkan label tersebut. Berikut ini adalah penilaian dari Skytrax atas Garuda Indonesia :
A.Pelayanan Bandara (Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta)
- Pelayanan Check-in (First & Business Class) : 4,5 Bintang
- Pelayanan Check-in (Economy Class) : 4 Bintang
- Pelayanan Kedatangan dan Transfer (First & Business Class) : 4 Bintang
- Pelayanan Kedatanagn dan Transfer (Economy Class) : 4 Bintang
*First Class Lounge
- Suasana, tempat duduk, dan kenyamanan ruang tunggu : 5 Bintang
- Makanan dan minuman dalam ruang tunggu : 4,5 Bintang
- Fasilitas istirahat dan relaksasi : 4,5 Bintang
- Kamar mandi : 5 Bintang
- Pelayanan pegawai ruang tunggu : 5 Bintang
- Kualitas kenyamanan ruang tunggu : 5 Bintang
- Suasana, tempat duduk, dan kenyamanan ruang tunggu : 4 Bintang
- Makanan dan minuman dalam ruang tunggu : 4,5 Bintang
- Fasilitas istirahat dan relaksasi : 3 Bintang
- Kamar mandi : 3 Bintang
- Pelayanan pegawai ruang tunggu : 4 Bintang
- Kualitas kenyamanan ruang tunggu : 4,5 Bintang
- Kenyamanan kursi (First Class) : 5 Bintang
- Kenyamanan kursi (Business Class) : 4,5 Bintang
- Kenyamanan kursi (Economy Class) : 4,5 Bintang
- Kualitas makanan dan minuman (First Class) : 5 Bintang
- Kualitas makanan dan minuman (Business Class) : 4,5 Bintang
- Kualitas makanan dan minuman (Economy Class) : 4 Bintang
- Pilihan Film, TV, dan lainnya : 4,5 Bintang
- Pilihan bahasa untuk film dan TV : 4,5 Bintang
- Konsistensi hiburan dalam penerbangan di pesawat : 4,5 Bintang
- Wifi : 4,5 Bintang
- Pelayanan khas dalam penerbangan : 4,5 Bintang
- Kesopanan dan Antusiasme kru : 5 Bintang
- Kemampuan berbahasa kru kabin : 4,5 Bintang
- Kenyamanan pelayanan oleh kru : 5 Bintang
- Konsistensi pelayanan khas dalam penerbangan : 5 Bintang
- Kualitas dari fasilitas yang disediakan (Premium Cabin) : 5 Bintang
- Bantal dan selimut : 4,5 Bintang
- Ketersediaan standar produk kamar kecil : 4,5 Bintang
- Kebersihan kabin pesawat : 5 Bintang
- Kebersihan dan pemeliharaan kamar kecil dalam penerbangan : 4,5 Bintang
- Temperatur selama penerbangan : 4,5 Bintang
2.EVA Air
Selanjutnya ada maskapai penerbangan asal Taiwan yaitu EVA Air. EVA Air berpusat di Bandara Internasional Taiwan Touyuan di Taipei, Taiwan. Berikut ini adalah penilaian Skytrax atas EVA Air :
- Business Class (Penerbangan Panjang) : 5 Bintang
- Business Class (Penerbangan Pendek) : 4 Bintang
- Premium Economy (Penerbangan Panjang) : 4,5 Bintang
- Economy Class (Penerbangan Panjang) : 5 Bintang
- Economy Class (Penerbangan Pendek) : 4,5 Bintang
3.Hainan Airlines
Maskapai penerbangan yang mendapatkan label bintang 5 dari Skytrax selanjutnya adalah maskapai penerbangan asal Republik Rakyat China yaitu Hainan Airline. Didirikan pada tahun 1989 dengan nama Hainan Province Airlines. Hainan Airlines berpusat di Bandara Internasional Beijing Capital di Beijing, Republik Rakyat China. Berikut ini adalah penilaian Skytrax atas Hainan Airlines :
- First Class (Dalam negeri) : 4,5 Bintang
- Business Class (Penerbangan Panjang) : 5 Bintang
- Business Class (Penerbangan Pendek) : 5 Bintang
- Economy Class (Penerbangan Panjang) : 4,5 Bintang
- Economy Class (Penerbangan Pendek) : 4 Bintang
4.Qatar Airways
Maskapai Penerbangan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Merupakan salah satu maskapai penerbangan terbaik yang ada di dunia. Qatar Airways merupakan maskapai penerbangan yang berpusat di Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar. Didirikan pada tahun 1993 dan sudah sering mendapatkan gelar sebagai maskapai penerbangan terbaik di dunia. Maka tidak mengherankan jika Qatar Airways merupakan salah satu maskapai penerbangan yang mendapatkan label bintang 5 dari Skytrax. Berikut ini adalah penilaian Skytrax atas Qatar Airways :
A.Pelayanan Bandara (Bandara Internasional Hamad, Doha)
- Pelayanan Check-in (First & Business Class) : 5 Bintang
- Pelayanan Check-in (Economy Class) : 4 Bintang
- Pelayanan Kedatangan dan Transfer (First & Business Class) : 5 Bintang
- Pelayanan Kedatanagn dan Transfer (Economy Class) : 4 Bintang
*Business Class Al Mourjan Lounge
- Suasana, tempat duduk, dan kenyamanan ruang tunggu : 4 Bintang
- Makanan dan minuman dalam ruang tunggu : 5 Bintang
- Fasilitas istirahat dan relaksasi : 4 Bintang
- Kamar mandi : 4 Bintang
- Pelayanan pegawai ruang tunggu : 5 Bintang
- Kualitas kenyamanan ruang tunggu : 4 Bintang
- Kenyamanan kursi (First Class) : 5 Bintang
- Kenyamanan kursi (Business Class) : 5 Bintang
- Kenyamanan kursi (Economy Class) : 4 Bintang
- Kualitas makanan dan minuman (First Class) : 5 Bintang
- Kualitas makanan dan minuman (Business Class) : 5 Bintang
- Kualitas makanan dan minuman (Economy Class) : 4 Bintang
- Pilihan Film, TV, dan lainnya : 5 Bintang
- Pilihan bahasa untuk film dan TV : 5 Bintang
- Konsistensi hiburan dalam penerbangan di pesawat : 4,5 Bintang
- Wifi : 5 Bintang
- Pelayanan khas dalam penerbangan : 5 Bintang
- Kesopanan dan Antusiasme kru : 4 Bintang
- Kemampuan berbahasa kru kabin : 4,5 Bintang
- Kenyamanan pelayanan oleh kru : 4 Bintang
- Konsistensi pelayanan khas dalam penerbangan : 4,5 Bintang
- Kualitas dari fasilitas yang disediakan (Premium Cabin) : 5 Bintang
- Bantal dan selimut : 4 Bintang
- Ketersediaan standar produk kamar kecil : 4 Bintang
- Kebersihan kabin pesawat : 5 Bintang
- Kebersihan dan pemeliharaan kamar kecil dalam penerbangan : 4 Bintang
- Temperatur selama penerbangan : 4,5 Bintang
5.Singapore Airlines
- First Class (Penerbangan Panjang) : 5 Bintang
- Business Class (Penerbangan Panjang) : 5 Bintang
- Business Class (Penerbangan Pendek) : 4,5 Bintang
- Economy Class (Penerbangan Panjang) : 4,5 Bintang
- Economy Class (Penerbangan Pendek) : 4 Bintang
6.ANA (All Nippon Airways)
Selanjutnya maskapai penerbangan yang mendapatkan penghargaan sebagai maskapai bintang 5 versi Skytrax adalah maskapai penerbangan asal Jepang yaitu ANA (All Nippon Airways). Didirikan pada tahun 1957, dan saat ini berpusat di Bandara Internasional Tokyo Haneda di Tokyo, Jepang. Berikut ini adalah penilaian Skytrax atas ANA :
A.Pelayanan Bandara (Bandara Internasional Tokyo Haneda, Tokyo)
- Pelayanan Check-in (First & Business Class) : 4,5 Bintang
- Pelayanan Check-in (Premium Economy/Economy Class) : 5 Bintang
- Pelayanan Kedatangan dan Transfer (First & Business Class) : 5 Bintang
- Pelayanan Kedatanagn dan Transfer (Premium Economy/Economy Class) : 4,5 Bintang
*First Class Lounge
- Suasana, tempat duduk, dan kenyamanan ruang tunggu : 5 Bintang
- Makanan dan minuman dalam ruang tunggu : 4,5 Bintang
- Fasilitas istirahat dan relaksasi : 4 Bintang
- Kamar mandi : 4,5 Bintang
- Pelayanan pegawai ruang tunggu : 5 Bintang
- Kualitas kenyamanan ruang tunggu : 4,5 Bintang
- Suasana, tempat duduk, dan kenyamanan ruang tunggu : 4 Bintang
- Makanan dan minuman dalam ruang tunggu : 4 Bintang
- Fasilitas istirahat dan relaksasi : 4 Bintang
- Kamar mandi : 4,5 Bintang
- Pelayanan pegawai ruang tunggu : 4 Bintang
- Kualitas kenyamanan ruang tunggu : 4 Bintang
- Kenyamanan kursi (First Class) : 5 Bintang
- Kenyamanan kursi (Business Class) : 5 Bintang
- Kenyamanan kursi (Premium Economy Class) : 4,5 Bintang
- Kenyamanan kursi (Economy Class) : 4 Bintang
- Kualitas makanan dan minuman (First Class) : 5 Bintang
- Kualitas makanan dan minuman (Business Class) : 4,5 Bintang
- Kualitas makanan dan minuman (Premium Economy Class) : 4 Bintang
- Kualitas makanan dan minuman (Economy Class) : 4 Bintang
- Pilihan Film, TV, dan lainnya : 4,5 Bintang
- Pilihan bahasa untuk film dan TV : 4,5 Bintang
- Konsistensi hiburan dalam penerbangan di pesawat : 4,5 Bintang
- Wifi : 5 Bintang
- Pelayanan khas dalam penerbangan : 5 Bintang
- Kesopanan dan Antusiasme kru : 5 Bintang
- Kemampuan berbahasa kru kabin : 4 Bintang
- Kenyamanan pelayanan oleh kru : 5 Bintang
- Konsistensi pelayanan khas dalam penerbangan : 5 Bintang
- Kualitas dari fasilitas yang disediakan (Premium Cabin) : 5 Bintang
- Bantal dan selimut : 4,5 Bintang
- Ketersediaan standar produk kamar kecil : 4,5 Bintang
- Kebersihan kabin pesawat : 5 Bintang
- Kebersihan dan pemeliharaan kamar kecil dalam penerbangan : 5 Bintang
- Temperatur selama penerbangan : 4 Bintang
7.Asiana Airlines
Asiana Airlines mungkin cukup terdengar asing bagi yang jarang naik pesawat udara. Asiana Airlines merupakan maskapai penerbangan asal Korea Selatan yang didirikan pada tahun 1988. Asiana Airlines berpusat di bandara terbaik kedua dunia yaitu Bandara Internasional Incheon di Incheon, Korea Selatan. Berikut adalah penilaian Skytrax atas Asiana Airlines :
A.Pelayanan Bandara (Bandara Internasional Incheon, Incheon)
- Pelayanan Check-in (First & Business Class) : 4 Bintang
- Pelayanan Check-in (Economy Class) : 4.5 Bintang
- Pelayanan Kedatangan dan Transfer (First & Business Class) : 4 Bintang
- Pelayanan Kedatanagn dan Transfer (Economy Class) : 4 Bintang
- Suasana, tempat duduk, dan kenyamanan ruang tunggu : 4 Bintang
- Makanan dan minuman dalam ruang tunggu : 4,5 Bintang
- Fasilitas istirahat dan relaksasi : 4 Bintang
- Kamar mandi : 4,5 Bintang
- Pelayanan pegawai ruang tunggu : 5 Bintang
- Kualitas kenyamanan ruang tunggu : 4,5 Bintang
- Kenyamanan kursi (First Class) : 5 Bintang
- Kenyamanan kursi (Business Class) : 4,5 Bintang
- Kenyamanan kursi (Economy Class) : 4,5 Bintang
- Kualitas makanan dan minuman (First Class) : 5 Bintang
- Kualitas makanan dan minuman (Business Class) : 4 Bintang
- Kualitas makanan dan minuman (Economy Class) : 4 Bintang
- Pilihan Film, TV, dan lainnya : 4,5 Bintang
- Pilihan bahasa untuk film dan TV : 4,5 Bintang
- Konsistensi hiburan dalam penerbangan di pesawat : 4,5 Bintang
- Wifi : 1 Bintang
- Pelayanan khas dalam penerbangan : 5 Bintang
- Kesopanan dan Antusiasme kru : 5 Bintang
- Kemampuan berbahasa kru kabin : 4 Bintang
- Kenyamanan pelayanan oleh kru : 5 Bintang
- Konsistensi pelayanan khas dalam penerbangan : 5 Bintang
- Kualitas dari fasilitas yang disediakan (Premium Cabin) : 5 Bintang
- Bantal dan selimut : 4,5 Bintang
- Ketersediaan standar produk kamar kecil : 4,5 Bintang
- Kebersihan kabin pesawat : 5 Bintang
- Kebersihan dan pemeliharaan kamar kecil dalam penerbangan : 5 Bintang
- Temperatur selama penerbangan : 4 Bintang
8.Cathay Pacific Airways
Cathay Pacific Airways merupakan maskapai penerbagan asal Hong Kong. Cathay Pacific Airways pada awalnya didirikan oleh dua orang dari Amerika Serikat dan Austarlia pada tahun 1946, dan saat ini merupakan salah satu maskapai terbaik yang ada di dunia. Maskapai Penerbangan ini berpusat di Bandara Internasional Hong Kong di Hong Kong, China. Berikut adalah penilaian Skytrax atas Cathay Pacific Airways :
A.Pelayanan Bandara (Bandara Internasional Hong Kong, Hong Kong)
- Pelayanan Check-in (First Class) : 4,5 Bintang
- Pelayanan Check-in (Business Class) : 4,5 Bintang
- Pelayanan Check-in (Premium Economy/Economy Class) : 4 Bintang
- Pelayanan Kedatangan dan Transfer (First Class) : 4,5 Bintang
- Pelayanan Kedatangan dan Transfer (Business Class) : 4 Bintang
- Pelayanan Kedatanagn dan Transfer (Economy Class) : 4 Bintang
*First Class Lounge
- Suasana, tempat duduk, dan kenyamanan ruang tunggu : 4,5 Bintang
- Makanan dan minuman dalam ruang tunggu : 5 Bintang
- Fasilitas istirahat dan relaksasi : 4,5 Bintang
- Kamar mandi : 5 Bintang
- Pelayanan pegawai ruang tunggu : 4,5 Bintang
- Kualitas kenyamanan ruang tunggu : 5 Bintang
- Suasana, tempat duduk, dan kenyamanan ruang tunggu : 4 Bintang
- Makanan dan minuman dalam ruang tunggu : 4,5 Bintang
- Fasilitas istirahat dan relaksasi : 4,5 Bintang
- Kamar mandi : 4,5 Bintang
- Pelayanan pegawai ruang tunggu : 4,5 Bintang
- Kualitas kenyamanan ruang tunggu : 4 Bintang
- Kenyamanan kursi (First Class) : 5 Bintang
- Kenyamanan kursi (Business Class) : 5 Bintang
- Kenyamanan kursi (Premium Economy) : 4,5 Bintang
- Kenyamanan kursi (Economy Class) : 4 Bintang
- Kualitas makanan dan minuman (First Class) : 4,5 Bintang
- Kualitas makanan dan minuman (Business Class) : 4 Bintang
- Kualitas makanan dan minuman (Premium Economy) : 4 Bintang
- Kualitas makanan dan minuman (Economy Class) : 4 Bintang
- Pilihan Film, TV, dan lainnya : 5 Bintang
- Pilihan bahasa untuk film dan TV : 4,5 Bintang
- Konsistensi hiburan dalam penerbangan di pesawat : 4,5 Bintang
- Wifi : Tidak ada
- Pelayanan khas dalam penerbangan : 4,5 Bintang
- Kesopanan dan Antusiasme kru : 4,5 Bintang
- Kemampuan berbahasa kru kabin : 4 Bintang
- Kenyamanan pelayanan oleh kru : 4,5 Bintang
- Konsistensi pelayanan khas dalam penerbangan : 4,5 Bintang
- Kualitas dari fasilitas yang disediakan (Premium Cabin) : 4,5 Bintang
- Bantal dan selimut : 4 Bintang
- Ketersediaan standar produk kamar kecil : 4,5 Bintang
- Kebersihan kabin pesawat : 4 Bintang
- Kebersihan dan pemeliharaan kamar kecil dalam penerbangan : 4 Bintang
- Temperatur selama penerbangan : 4,5 Bintang
9.Etihad Airways
Maskapai Penerbagan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita, karena sering muncul dalam berbagai acara olahraga, yaitu Etihad Airways. Etihad Airways merupakan maskapai penerbangan yang masih tergolong muda karena didirikan pada tahun 2003. Merupakan maskapai penerbagan nasional asal Uni Emirat Arab. Saat ini, Etihad Airways berpusat di Bandara Internasional Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.
Nah, itu tadi daftar maskapai penerbangan yang mendapat penghargaan bintang 5 dari perusahaan konsultan penerbangan asal Inggris Skytrax. Bagi anda yang suka berpergian keluar negeri, salah satu maskapai diatas mungkin dapat menjadi opsi pilihan anda, namun saya sarankan gunakan produk dalam negeri. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D
Sumber : http://www.airlinequality.com/ratings/5-star-airline-ratings/