Loading...

Pembagian Ilmu Ekonomi dan Cabang Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi merupakan sebuah ilmu yang memiliki ruang lingkup pembahasan yang sangat luas dan beragam. Untuk mempermudah dalam mempelajar...

Ilmu Ekonomi merupakan sebuah ilmu yang memiliki ruang lingkup pembahasan yang sangat luas dan beragam. Untuk mempermudah dalam mempelajarinya, maka dibentuklah pembagian ilmu ekonomi. Ada 3 dasar pembagian ilmu ekonomi, dan ada 8 cabang ilmu ekonomi untuk semakin memperkecil ruang lingkupnya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pembagian ilmu ekonomi dan cabang ilmu ekonomi.


A.Pembagian Ilmu Ekonomi
Secara garis besar, Ilmu ekonomi dibedakan menjadi tiga kelompok dasar, yaitu ekonomi deskriptif, teori ekonomi, dan ekonomi terapan. Berikut adalah penjelasan mengenai ketiga kelompok dasar tersebut :

1.Ekonomi Deskriptif (Descriptive Economics)
Ekonomi deskriptif merupakan kelompok ekonomi yang membahas mengenai keadaan perekonomian yang sebenarnya terjadi di masyarakat. Bekerja dengan cara mengumpulkan informasi-informasi yang faktual berkaitan dengan masalah ekonomi. Keterangan ekonomi deskriptif didapatkan dengan berbagai cara seperti pengidentifikasian, pendefinisian, pengukuran fenomena, dan pengumpulan data. Contoh : Jumlah angkatan kerja, struktur serikat buruh, dan asal-usul serta sejarah lembaga ekonomi. Dalam ekonomi deskriptif tidak ada penjelasan mengapa fakta-fakta tersebut terjadi dan tidak ada penilaian atas fakta-fakta tersebut.

2.Teori Ekonomi (Economic Theory)
Teori ekonomi merupakan kumpulan asas atau hukum ekonomi sebagai dasar untuk melaksanakan kebijakan ekonomi (Menerangkan hubungan antara peristiwa ekonomi dan merumuskan hubungan tersebut dalam suatu hukum atau teori ekonomi). Kelompok ini berusaha untuk menggeneralisasi data-data ekonomi dan memberikan penafsiran atas data tersebut. Data tersebut sudah diolah, disusun, serta diuji coba. Teori ekonomi dibagi menjadi 2, yaitu :

  1. Ekonomi Makro : Membahas mengenai mekanisme perekonomian secara keseluruhan. Cakupan ekonomi makro sangat luas, seperti pendapatan nasional, tingkat pertumbuhan ekonomi, pengangguran, inflasi, dan tingkat harga. Tujuannya untuk memahami berbagai peristiwa ekonomi dan merumuskan serta memperbaiki kebijakan ekonomi.
  2. Ekonomi Mikro : Membahas mengenai perilaku individu dan rumah tangga produksi atau perusahaan dalam membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas. Cakupannya ekonomi mikro tidak luas.

3.Ekonomi Terapan (Applied Economics)
Merupakan cabang ilmu ekonomi yang menggunakan hasil kajian teori ekonomi untuk menjelaskan fakta-fakta yang dikumpulkan oleh ekonomi deskriptif. Ekonomi terapan termasuk dalam arena kebijakan pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah dengan bukti empiris. Ekonomi terapa antara lain menggunakan teori ekonomi, pengukuran, metode analisis statistik, dan ekonometrika untuk menjelaskan fenomena ekonomi dan untuk menginformasikan kebijakan ekonomi.

B.Cabang Ilmu Ekonomi
Terdapa 8 cabang ilmu ekonomi, yaitu :

1.Ilmu Ekonomi Moneter
Merupakan cabang yang membahas tentang uang, perbankan, dan lembaga keuangan lainnya. Juga berbagai aspek langsung maupun tidak langsung dengan hal-hal tersebut seperti inflasi, tingkat suku bunga, jumlah uang yang beredar, dan lain-lain.

2.Ilmu Ekonomi Publik
Merupakan cabang yang membahas tentang kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah. Beberapa hal yang dibahas dalam cabang ini adalah seperti APBN, APBD, utang pemerintah, pajak, dan retribusi.

3.Ilmu Ekonomi Industri
Merupakan cabang yang membahas mengenai interaksi berbagai perusahaan dalam suatu industri. Contoh interaksi tersebut seperti persaingan usaha, kinerja perusahaan atau kartel. Cabang ekonomi ini termasuk dalam ruang lingkup ekonomi mikro.

4.Ilmu Ekonomi Internasional
Merupakan cabang yang membahas mengenai kegiatan perekonomian antarnegara. Contoh kegiatan perekonomian yang dibahas adalah transaksi perdagangan antarnegara, investasi asing, dan neraca pembayaran.

5.Ilmu Ekonomi Regional
Merupakan cabang yang membahas mengenai kegiatan perekonomian antarwilayah dan proses perkembangan suatu wilayah.

6.Ilmu Ekonomi Sumber Daya Alam
Merupakan cabang yang membahas mengenai berbagai permasalahan sumber daya alam dan alokasinya menurut ekonomi. Pokok bahasan pada ilmu ekonomi ini diantaranya adalah eksternalitas positif dan negatif.

7.Ilmu Ekonomi Sumber Daya Manusia
Merupakan cabang yang membahas mengenai salah satu faktor produksi, yaitu tenaga kerja. Beberapa pembahasan yang sering dilakukan adalah mengenai upah minimum, tingkat pendidikan calon tenaga kerja, dan pengangguran.

8.Ilmu Ekonomi Syariah
Merupakan cabang yang membahas perekonomian berdasarkan prinsip Islam. Contoh pembahasan dalam ilmu ekonomi ini adalah prinsip bagi hasil, penghapusan riba, dan zakat.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Pembagian Ilmu Ekonomi dan Cabang Ilmu Ekonomi. Semoga dengan artikel ini, dapat memberi informasi tambahan mengenai ilmu ekonomi.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀
Pengetahuan 6580941615940679144

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Translate

Pasang Iklan

Contoh banner 2

Popular Posts

Artikel Pilihan

10 Orang Terkaya di Dunia 2018 Versi Majalah Forbes

Semua orang di dunia ini tentu bekerja dan berusaha untuk menjadi kaya dan sukses. Diantara sekian banyak orang kaya dan sukses di duni...

Followers

Kritik & Saran

Anda memiliki kritik ataupun saran mengenai artikel kami. Jangan ragu untuk menyampaikan. Kirimkan kritik dan saran anda ke laurensiussteven73@gmail.com . Terima kasih atas perhatiannya :D