Loading...

Pengertian Bangsa dan Unsur Terbentuknya Bangsa

Bangsa Indonesia Tidak jarang kita mendengar kata "Bangsa" atau dalam bahasa Inggris disebut Nation . Di era modern yang penuh...

Bangsa Indonesia
Tidak jarang kita mendengar kata "Bangsa" atau dalam bahasa Inggris disebut Nation. Di era modern yang penuh dengan banyak konflik, tidak jarang orang mengingatkan kita bahwa kita merupakan satu bangsa, yakni bangsa Indonesia. Lalu, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan bangsa? Dan apa sajakah unsur yang membentuk suatu bangsa? Berikut adalah penjelasan mengenai pengertian bangsa dan unsur terbentuknya.

A.Pengertian Bangsa
Berikut ini adalah beberapa pengertian bangsa menurut para ahli :

1.KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Menurut KBBI, bangsa adalah kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya, serta berpemerintahan sendiri.

2.Wikipedia Indonesia
Menurut Wikipedia, bangsa adalah suatu kelompok manusia yang dianggap nasional memiliki identitas bersama, dan mempunyai kesamaan bahasa, agama, ideologi, budaya, dan sejarah.

3.Ernest Renan
Ernest Renan mendefinsikan bangsa sebagai sekelompok manusia yang berada dalam suatu ikatan batin yang dipersatukan karena memiliki persamaan sejarah, serta cita-cita yang sama.

4.Otto Bauer

Otto Bauer mendefiniskan bangsa sebagai sekelompok manusia yang memiliki persamaan karakter karena persamaan nasib dan pengalaman sejarah budaya yang tumbuh berkembang bersama dengan tumbuh kembangnya bangsa.

5.Ben Anderson
Ben Anderson mendefinisikan bangsa sebagai komunitas politik yang dibayangkan dalam wilayah yang jelas batasnya dan berdaulat.

6.Hans Kohn
Hans Kohn berpendapat bahwa bangsa itu terjadi karena adanya persamaan ras, bahasa, adat istiadat dan agama yang menjadi pembeda antara bangsa satu dengan bangsa yang lain.

B.Unsur Terbentuknya Bangsa
Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai unsur terbentuknya sebuah bangsa. Berikut ini adalah pendapat para ahli mengenai unsur terbentuknya bangsa :

1.Hans Kohn
Hans Kohn berpendapat bahwa suatu bangsa terbentuk karena adanya faktor-faktor objektif tertentu yang membedakannya dari bangsa lain. Faktor-faktor objektif itu adalah :

  1. Kesamaan keturunan
  2. Wilayah
  3. Bahasa
  4. Adat-istiadat
  5. Kesamaan politik
  6. Perasaan, dan 
  7. Agama
Dengan demikian, faktor objektif yang paling penting dalam terbentuknya suatu bangsa adalah kehendak atau kemauan bersama.

2.Friedrich Hertz
Freidrich Hertz dalam bukunya yang berjudul Nationality in History and Politic mengemukakan bahwa ada 4 unsur yang membentuk suatu bangsa, yaitu :

  1. Keinginan untuk mencapai kesatuan nasional yang terdiri atas kesatuan sosial, ekonomi, politik, agama, kebudayaan, komunikasi, dan solidaritas
  2. Keinginan untuk mencapai kemerdekaan dan kebebasa nasional sepenuhnya, yaitu dari dominasi dan campur tangan bangsa asing terhadap urusan dalam negerinya.
  3. Keinginan akan kemandirian, keunggulan, individualitas, keaslian atau kekhasan. Contoh : Menjunjung tinggi bahasa nasional yang mandiri.
  4. Keinginan untuk menonjol di antara bangsa-bangsa dalam mengejar kehormatan, pengaruh, dan prestise.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Pengertian Bangsa dan Unsur Terbentuknya Bangsa. Semoga, dengan adanya artikel ini dapat memberi pengetahuan tambahan kepada pembaca mengenai bangsa dan unsur pembentuknya.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀
PKN 4174175388209290221

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Translate

Pasang Iklan

Contoh banner 2

Popular Posts

Artikel Pilihan

10 Orang Terkaya di Dunia 2018 Versi Majalah Forbes

Semua orang di dunia ini tentu bekerja dan berusaha untuk menjadi kaya dan sukses. Diantara sekian banyak orang kaya dan sukses di duni...

Followers

Kritik & Saran

Anda memiliki kritik ataupun saran mengenai artikel kami. Jangan ragu untuk menyampaikan. Kirimkan kritik dan saran anda ke laurensiussteven73@gmail.com . Terima kasih atas perhatiannya :D