Loading...

Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

Seni merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat. Salah satu cabang dari seni adalah seni tari. Cabang seni ini m...

Seni merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat. Salah satu cabang dari seni adalah seni tari. Cabang seni ini menyalurkan ekspresi jiwa manusia melalui gerakan tubuh manusia. Hampir semua negara di dunia ini memiliki ciri khas tariannya masing-masing, termasuk Indonesia. Lantas, apakah pengertian dari seni tari? Beberapa ahli mencoba untuk menjelaskan pengertian dari seni tari. Berikut adalah pengertian seni tari menurut para ahli.

Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

  1. La Mery : Tari adalah ekspresi yang berbentuk simbolis dalam wujud yang lebih tinggi yang harus diinternalisasikan untuk menjadi bentuk yang nyata.
  2. John Martin : Tari adalah gerak sebagai pengalaman yang paling awal kehidupan manusia.
  3. Susan K. Lenger : Tari adalah gerak-gerak tubuh yang dibentuk secara ekspresif yang diciptakan manusia untuk dapat dinikmati.
  4. Kamala Devi Chattopadhyaya : Tari adalah suatu insting atau desakan emosi di dalam diri manusia yang mendorong seseorang untuk mencari ekspresi pada gerak-gerak ritmis
  5. Corrie Hartong : Tari adalah gerakan yang berbentuk dari ritmis dari badan di dalam ruang.
  6. John C. Hawkin : Tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diubah oleh imajinasi dan diberi bentuk melalui media gerak sehingga menjadi bentuk gerak yang simbolis dan sebagai ungkapan si pencipta.
  7. Aristoteles : Tari adalah gerakan ritmis yang bertujuan untuk menghadirkan karakter manusia ketik mereka bertindak.
  8. Soedarsono : Tari adalah ekspresi jiwa manusia dalam gerak-gerak yang indah dan ritmis.
  9. Drs. I Gede Ardika : Tari adalah sesuatu yang bisa disatukan dalam berbagai hal sehingga semua orang dapat menyesuaikan diri atau menyelaraskannya menurut caranya masing-masing.
  10. K.M.A Theodora Retno Maruh : Tari adalah suatu kesenian yang tidak akan pernah bersifat kontemporer, baik yang terlupakan sekalipun.
  11. Judith Lynne Hanna : Tari adalah seni plastis dari gerak yang visual terlihat sepintas.
  12. Bagong Sudito : Tari adalah suatu seni yang berupa gerak ritmis yang menjadi alat ekspresi manusia.
  13. Pangeran Suryadiningratan : Tari adalah gerak dari seluruh anggota tubuh manusia yang disusun selaras dengan irama musik serta mempunyai maksud tertentu.
  14. Curt Sachs : Tari adalah suatu pelafalan jiwa manusia melalui suatu gerak berirama yang memiliki nilai estetika.
  15. Soedarso Pringgo Broto : Tari adalah ketentuan bentuk-bentuk gerakan tubuh dan ruang.
  16. S. Humardani : Tari adalah ungkapan ekspresif dalam bentuk yang indah dan ritmis.
  17. M. Jazuli : Tari adalah gerak-gerak tubuh yang selaras dan seirama dengan bunyi musik yang dapat digunakan untuk mengungkapkan maksud dan tujuan tertentu.
  18. Enoch Atmadibrata : Tari adalah susunan sikap tubuh di dalam ruang, berlandaskan irama dan gerak.
  19. Irmgrad Bartenieff dan Forrestine Paulay : Tari adalah bentuk seni ekspresionostis yang menggambarkan reaksi jiwa seseorang terhadap konflik dan masalah di dunia modern.
  20. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) : Tari adalah gerakan badan yang berirama, biasanya diiringi bunyi-bunyian.
  21. Wikipedia Indonesia : Tari adalah gerak tubuh secara berirama yang yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca mengenai tari.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀
Seni Budaya 1384685139206354563

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Translate

Pasang Iklan

Contoh banner 2

Popular Posts

Artikel Pilihan

10 Orang Terkaya di Dunia 2018 Versi Majalah Forbes

Semua orang di dunia ini tentu bekerja dan berusaha untuk menjadi kaya dan sukses. Diantara sekian banyak orang kaya dan sukses di duni...

Followers

Kritik & Saran

Anda memiliki kritik ataupun saran mengenai artikel kami. Jangan ragu untuk menyampaikan. Kirimkan kritik dan saran anda ke laurensiussteven73@gmail.com . Terima kasih atas perhatiannya :D