Loading...

Pengertian,Genre,dan Kelebihan Film

Anda pernah menonton bioskop? Tentu yang anda tonton itu adalah Film bukan,banyak sekali film yang sudah ada di dunia ini,bahkan sangat ...

Anda pernah menonton bioskop? Tentu yang anda tonton itu adalah Film bukan,banyak sekali film yang sudah ada di dunia ini,bahkan sangat sulit untuk dihitung. Namun apakah sebenarnya yang dimaksud dengan Film itu? Film adalah seni drama yang disajikan dalam bentuk yang lebih kompleks dan sempurna. Film termasuk ke dalam seni teater. Berikut adalah penjelasan selengkapnya mengenai Film

A.Pengertian Film Menurut Para Ahli

1.Marcel Danesi
Menurut Marcel Danesi yang dimaksud dengan film adalah teks yang memuat serangkaian citra fotografi yang mengakibatkan adanya ilusi gerak dan tindakan dalam kehidupan nyata.

2.Palapah dan Syamsudin
Menurut Palapah dan Syamsudin yang dimaksud dengan film adalah salah satu media yang berkarakteristik masal, yang merupakan kombinasi antara gambar-gambar bergerak dan perkataan

3.Himawan Prasista
Menurut Himawan Prasista sebuah film terbentuk dari dua unsur, yaitu unsur naratif dan unsur sinematik. Unsur naratif berhubungan dengan aspek cerita atau tema film. Setiap film cerita tidak mungkin lepas dari unsur naratif dan setiap cerita pasti memiliki unsur-unsur seperti tokoh, masalah, konflik, lokasi, waktu, serta lainnya-lainnya. Seluruh elemen tersebut membentuk unsur naratif secara keseluruhan. Aspek kausalitas bersama unsur ruang dan waktu merupakan elemen-elemen pokok pembentuk suatu narasi.

4.Kridalaksana
Menurut Kridalaksana yang dimaksud dengan film adalah lembaran tipis, bening, mudah lentur yang dilapisi dengan lapisan antihalo, dipergunakan untuk keperluan fotografi dan alat media massa yang mempunyai sifat lihat dengar (audio – visual ) dan dapat mencapai khalayak yang banyak.

5.Effendi
Menurut Effendi yang dimaksud dengan film adalah hasil budaya dan alat ekspresi kesenian. Film sebagai komunikasi massa merupakan gabungan dari berbagai tekhnologi seperti fotografi dan rekaman suara, kesenian baik seni rupa dan seni teater sastra dan arsitektur serta seni musik.

B.Kelebihan Film
Berikut ini adalah kelebihan dari Film dibandingkan dengan jenis seni teater lainnya :
*Multimedia atau menggunakan berbagai seni dengan beragam media
*Menggunakan properti pendukung yang berkaitan dengan hampir semua hal di dunia
*Dapat menampilkan adegan dari berbagai sudut pandang
*Dapat menyajikan bentuk visual kisah secara lebih realistis
*Dapat memanipulasi akting melalui editing

C.Genre Film
Film memiliki banyak jalan cerita yang disebut dengan Genre Film. Berikut ini adalah berbagai macam Genre Film :
  • Aksi - Film ini menampilkan efek dan adegan yang mencengangkan seperti kejar-kejaran menggunakan mobil ataupun tembak-tembakan yang melibatkan stuntman. Genre ini biasanya menceritakan kebaikan yang melawan kejahatan, jadi perang dan kriminal adalah subjek yang biasa. Film aksi biasanya hanya membutuhkan usaha yang kecil untuk ditonton, karena alur yang biasanya sederhana. Contoh, film Die Hard di mana ada sekelompok teroris yang mengambilalih gedung pencakar langit dan meminta tebusan untuk para sandra. Bagaimanapun juga seorang pahlawan akan menyelamatkan semuanya. Film aksi biasanya tidak membuat orang menangis, tapi jika genre ini dicampur drama maka emosi akan dilibatkan.
  • Petualangan - Biasanya menceritakan tokoh utama yang melakukan perjalanan untuk menyelamatkan dunia atau orang terdekatnya.
  • Animasi - Film yang menggunakan karakter kartun sebagai tokohnya. Gambarnya sendiri harus digambar oleh tangan tapi sekarang lebih sering menggunakan komputer.
  • Persahabatan - Melibatkan 2 orang tokoh, di mana yang satu harus menyelamatkan yang lainnya dan keduanya harus mengatasi masalah yang menghadang. Film persahabatan kadang-kadang sicampur komedi, tapi ada juga sedikit emosi, karena persahabatan di antara keduannya.
  • Komedi - Film lucu tentang orang bodoh yang melakukan hal aneh atau menjadi bodoh dan terlibat hal konyol yang membuat penonton tertawa.
  • Dokumenter - Film tentang (atau diklaim tentang) kehidupan nyata seseorang dan kejadian nyata. Genre ini hampir selalu serius dan mungkin melibatkan emosi yang kuat, contoh film Catatan Terakhir Di Nusakambangan.
  • Drama - Film serius dan kadang tentang orang yang jatuh cinta atau perlu membuat keputusan yang besar dalam hidup mereka. Genre ini menceritakan tentang hubungan di antara manusia. Genre ini biasanya mengikuti alur dasar di mana 1 atau 2 karakter harus mengatasi sebuah rintangan untuk mendapatkan apa yang mereka mau.
  • Tragedi - Tragedi mirip dengan drama, tentang orang yang sedang memiliki masalah. Contoh, sepasang suami istri yang bercerai dan masing-masing harus memuktikan ke pengadilan bahwa mereka adalah yang terbaik untuk mengasuh anak mereka. Emosi (perasaan) adalah bagian terbesar dari filim ini dan penonton mungkin jadi bingung dan bahkan menangis.
  • Film Noir - Film drama detektif era 1940-an tentang kriminal dan kekerasan.
  • Keluarga - Film yang dibuat dengan baik untuk semua keluarga. Genre ini kebanyakan dibuat untuk anak-anak tapi kadang menghibur juga untuk orang dewasa. Disney terkenal karena film Keluarga mereka.
  • Horor - Film yang menggunakan ketakutan untuk menarik penonton. Musik, pencahayaan dan setting, semua ditambahkan untuk menambahkan rasanya.
  • Romantis - Komedi Romantis biasanya tentang cerita cinta 2 orang yang berasal dari dunia berbeda, yang harus melewati rintangan agar bisa bersama.
  • Fiksi Sains - Berlatar masa depan atau luar angkasa. Biasanya ada alien atau robot yang menjadi tokoh pembantu.
  • Thriller - Biasanya tentang misteri, kejadian aneh, atau kriminal yang harus dipecahkan. Penonton akan tetap menebak-nebak sampai akhir film, ketika biasanya ada akhir yang twist (mengejutkan).
  • Western - menceritakan tentang koboi di barat (Amerika 1800-an). Genre ini mungkin atau mungkin tidak melibatkan suku Indian (penduduk asli amerika).
  • Suspense - Film yang membuat anda tetap duduk di kursi anda. Genre ini biasanya memilik lebih dari satu twist yang bisa membingungkan penonton.
  • Fantasi - Film Fantasi ini melibatkan sihir dan hal yang mustahil yang tidak bisa dilakukan manusia sungguhan.
[Sumber Genre : Wikipedia Indonesia]

Nah,itu tadi penjelasan mengenai Film. Bagaimana sekarang anda sudah mengerti bukan apa yang dimaksud dengan Film? Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu para pembaca sekalian agar lebih memahami mengenai Film. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D
Seni Budaya 4989214878738902405

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Translate

Pasang Iklan

Contoh banner 2

Popular Posts

Artikel Pilihan

10 Orang Terkaya di Dunia 2018 Versi Majalah Forbes

Semua orang di dunia ini tentu bekerja dan berusaha untuk menjadi kaya dan sukses. Diantara sekian banyak orang kaya dan sukses di duni...

Followers

Kritik & Saran

Anda memiliki kritik ataupun saran mengenai artikel kami. Jangan ragu untuk menyampaikan. Kirimkan kritik dan saran anda ke laurensiussteven73@gmail.com . Terima kasih atas perhatiannya :D