Loading...

7 Benua yang ada di Bumi

Di Bumi ini terdapat daratan yang luas dan kecil. Daratan yang sangat luas yang berada di Permukaan Bumi disebut dengan Benua. Benua di ...

Di Bumi ini terdapat daratan yang luas dan kecil. Daratan yang sangat luas yang berada di Permukaan Bumi disebut dengan Benua. Benua di Bumi ini sesuai dengan kesepakatan dibagi menjadi 7 benua. Benua itu adalah Asia,Afrika,Amerika Utara,Amerika Selatan,Antarktika,Eropa dan Austaralia. Dulunya di Bumi ini hanya terdapat satu benua yang disebut dengan benua Pangea,namun seiring perkembangan zaman benua tersebut terpecah menjadi 2 yaitu Laurasia pada bumi bagian utara dan Godwana pada Bumi bagian selatan. Semakin lama benua kembali terpecah-pecah dan akhirnya jadilah benua seperti sekarang ini. Berikut ini adalah ke tujuh benua yang ada pada zaman sekarang.


1.Asia

Benua Asia merupakan benua terbesar di Dunia. Benua Asia berbatasan dengan Benua Eropa dan Afrika di sebelah barat,sedangkan di sebelah selatan sekaligus timur berbatasan dengan benua Australia. Benua Asia merupakan benua yang paling padat penduduknya dengan hampir sekitar 60% populasi di muka bumi ini terdapat di benua Asia. Penyumbang populasi manusia terbanyak di benua ini berasal dari negara China,India,Indonesia,dan Jepang. China dan India memiliki populasi manusia melebihi angka 1 milyar,sedangkan Indonesia sekitar 250 juta dan Jepang sekitar lebih dari 110 juta. Di benua ini terdapat titik tertinggi di bumi yaitu pada puncak Gunung Everest di Nepal,selain itu terdapat juga titik terendah di bumi yaitu pada Palung Mariuana di Filipina. Di Benua ini juga terdapat sebagian negara terbesar di Dunia yaitu Russia. Benua Asia dibagi menjadi beberapa wilayah yaitu Asia Tengah,Asia Timur,Asia Tenggara,Asia Selatan dan Asia Barat.

2.Afrika

Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia jika Benua Amerika dibagi menjadi dua bagian yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan. Benua ini memuat sekitar 1/7 populasi yang ada di dunia dengan angka mencapai 800 juta manusia. Di Benua ini terdapat sungai terpanjang di dunia yaitu Sungai Nil yang sebagian besar terdapat di Negara Mesir,selain itu di benua ini juga terdapat gurun pasir terluas di dunia yaitu Gurun Sahara,ditambah lagi terdapat gunung berapi tertinggi di dunia yaitu Gunung Kilimanjaro. Menurut PBB,benua Afrika merupakan benua termiskin di dunia,ini juga dapat kita lihat dari bagaimana kurang gizinya penduduk yang terdapat di benua Afrika. Negara yang dapat dikatakan maju dari Benua ini hanyalah negara Afrika Selatan yang sanggup menggelar pertandingan Piala Dunia pada tahun 2010. Kasus penyakit AIDS di benua ini merupakan yang paling tinggi dibandingkan dengan benua lainnya.

3.Amerika Utara

Amerika Utara merupakan benua dengan luas wilayah terluas ketiga setelah Asia dan Afrika. Dengan populasi penduduk terbesar keempat setelah benua Asia,Afrika dan Eropa dengan jumlah penduduk pada tahun 2002 mencapai lebih dari 500 juta jiwa. Amerika Utara terkadang di gabungkan dengan Amerika Selatan. Kedua bagian ini dipisahkan oleh negara Panama,dengan terusan panama yaitu merupakan jalan air yang dibuat oleh manusia agar kapal tidak perlu lagi memutari benua Amerika. Di Benua ini terdapat 3 buah negara yang mendominasi yaitu Kanada,Amerika Serikat dan Meksiko.

4.Amerika Selatan

Amerika Selatan merupakan benua dengan luas wilayah terluas keempat setelah Asia,Afrika dan Amerika Utara. Amerika Selatan terkadang disatukan dengan Amerika Utara menjadi benua Amerika. Perbatasan yang memisahkan kedua benua ini adalah Tanah Genting Panama. Benua ini dilintasi oleh garis Khatulistiwa. Di benua ini terdapat hutan tropis yang sangat lebat yaitu Hutan Amazon. Benua ini terdapat diantara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik,dimana Samudra Pasifik berada di Bagian Barat,sedangkan Samudra Atlantik berada di bagian timur.

5.Antarktika

Antarktika merupakan benua yang terdapat dikutub selatan bumi. Benua ini tidak memiliki penghuni tetap dan juga di benua ini tidak ada satupun negara yang berdiri. Sebagian besar sekitar 98% wilayah dari benua ini merupakan air yang membeku sehingga suhu di benua ini sangat dingin.

6.Eropa

Eropa merupakan benua terbesar keenam di dunia dengan populasi penduduk terbesar ketiga di dunia setelah Asia dan Afrika dengan jumlah penduduk berkisar 750 juta jiwa. Benua ini bisa dibilang sebagai benua dengan negara termaju terbanyak di dunia. Di benua ini terdapat berbagai keajaiban dunia seperti Colloseum di Roma,Italia ; Menara Eiffel di Paris,Perancis ; Menara Pisa di Roma,Italia dan lain sebagainya. Benua ini berbatasan dengan Samudra Arktik di bagian utara,Samudra Atlantik di barat,dan Laut Tengah di Selatan.

7.Australia

Australia merupakan benua terkecil di dunia. Terdapat dua negara besar di benua ini yaitu Australia dan Selandia Baru. Di Benua ini terdapat hewan khas seperti Koala dan Kangguru yang tidak dapat ditemukan di benua lain secara alami. Benua ini berbatasan dengan Indonesia di Utara dan Samudera Pasifik di Timur.

Nah,itu tadi penjelasan mengenai 7 benua yang ada di bumi. Bagaimana anda sekarang sudah mengerti bukan apa saja benua yang terdapat di bumi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca sekalian dalam menambah ilmu pengetahuan. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D
Umum 7087273339215760818

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Translate

Pasang Iklan

Contoh banner 2

Popular Posts

Artikel Pilihan

10 Orang Terkaya di Dunia 2018 Versi Majalah Forbes

Semua orang di dunia ini tentu bekerja dan berusaha untuk menjadi kaya dan sukses. Diantara sekian banyak orang kaya dan sukses di duni...

Followers

Kritik & Saran

Anda memiliki kritik ataupun saran mengenai artikel kami. Jangan ragu untuk menyampaikan. Kirimkan kritik dan saran anda ke laurensiussteven73@gmail.com . Terima kasih atas perhatiannya :D