Loading...

Perubahan Fisik Tubuh Manusia Pada Masa Pubertas

Jakun yang menonjol pada laki-laki Manusia dalam hidupnya mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Salah satu masa dimana perkembangan ...

Jakun yang menonjol pada laki-laki
Manusia dalam hidupnya mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Salah satu masa dimana perkembangan dan pertumbuhan manusia terjadi paling cepat adalah pada masa Pubertas. Masa Pubertas ini terjadi antara umur 8-20 Tahun, dimana tiap individu awal dan akhir masa pubertasnya berbeda-beda. Pada masa Pubertas ini banyak sekali perubahan-perubahan fisik yang berbeda dari masa anak-anak baik pada laki-laki maupun perempuan. Untuk lebih jelasnya mengenai perubahan fisik yang terjadi pada masa pubertas, mari kita simak penjelasan dibawah ini.


A.Awal Memasuki Masa Pubertas
Pada laki-laki, masa pubertas diawali dengan munculnya mimpi basah. Sedangkan pada perempuan, masa awal pubertasnya ditandai dengan terjadinya menstruasi. Mimpi basah adalah pengeluaran cairan semen disaat tidur yang hanya terjadi pada laki-laik. Sedangkan menstruasi adalah peristiwa lepasnya sel telur yang telah mati dan lapisan dinding rahim dari dalam rahim.

B.Perubahan Tubuh pada Laki-Laki

Sel Sperma
Perubahan pada tubuh laki-laki dan perempuan terbagi menjadi dua yaitu Perubahan Primer dan Perubahan Sekunder. Pada laki-laki perubahan primer yang terjadi adalah mulai diproduksinya sel sperma oleh alat tubuh laki-laki yang disebut testis. Sel Sperma ini berfungsi untuk membuahi sel telur pada rahim perempuan sehingga dapat menghasilkan bayi. Jika sel sperma tidak pernah dikeluarkan dari dalam testis, maka lama kelamaan sel sperma akan terisi penuh didalam kantung testis dan cairan sperma tadi akan keluar dengan sendirinya. Hal tersebutlah yang kita sebut dengan mimpi basah. Selain perubahan primer, juga terjadi perubahan sekunder pada laki-laki yaitu perubahan fisik seperti dada terlihat bidang, tumbuh kumis, janggut, tumbuh jakun, rambut-rambut halus disekitar alat kelamin, suara lebih berat, dan organ kelamin membesar. Namun, tidak semua laki-laki mengalami perubahan sekunder. Dapat kita lihat ada beberapa laki-laki yang jakunnya tidak menonjol atau tidak memiliki kumis maupun janggut.

C.Perubahan Tubuh pada Perempuan

Rahim dan salurannya pada tubuh perempuan
Pada perempuan perubahan primer ditandai dengan mulai diproduksinya sel telur. Sel telur ini diproduksi oleh alat tubuh wanita yang disebut dengan indung telur (Ovarium). Sel telur ini merupakan calon bayi manusia. Jika sel telur ini tidak dibuahi oleh sel sperma maka akan terjadi peristiwa menstruasi. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Sebuah sel telur akan diproduksi oleh indung telur, dimana pada saat yang bersamaan terjadi pula penebalan dinding rahim. Penebalan dinding rahim ini merupakan nutrisi yang akan dipergunakan oleh sel telur jika dibuahi. Setelah sel telur diproduksi maka kemudian sel telur akan dilepas menuju ke rahim. Jika sel telur tidak dibuahi oleh sel sperma dalam beberapa hari, maka sel akan mati dan keluar dari rahim. Lapisan dinding rahim tadipun ikut terlepas bersamaan dengan sel telur dan mengalir keluar vagina. Hal ini akan menyebabkan pendarahan kecil. Darah ini akan menetes sedikit demi sedikit melalui lubang kemaluan selama 2-6 hari. Siklus menstruasi biasanya terjadi selama 28 hari sekali. Jika sel telur berhasil dibuahi oleh sel sperma, maka sel telur akan menempel di dinding rahim. Dan akhirnya perempuan tersebut hamil. Selama kehamilan perempuan tidak mengalami menstruasi.

Pada masa menstruasi, biasanya perempuan akan mengalami sedikit nyeri pada perut. Selain itu emosi si perempuan agak sedikit tidak terkontrol. Tubuh perempuanpun melemah dikarenakan kehilangan beberapa mili liter darah. dan beberapa gejala lainnya.

Untuk perubahan sekunder pada perempuan ditandai dengan adanya perubahan fisik seperti membesarnya payudara dan pinggul, dan munculnya rambut-rambut halus pada perempuan. Hal ini akan terjadi pada seluruh perempuan.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai perubahan fisik tubuh manusia pada masa pubertas. Semoga dengan adanya artikel ini para pembaca sekalian dapat mengerti apa saja perubahan fisik tubuh manusia pada masa pubertas. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D
Pengetahuan 7512063448226599022

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Translate

Pasang Iklan

Contoh banner 2

Popular Posts

Artikel Pilihan

10 Orang Terkaya di Dunia 2018 Versi Majalah Forbes

Semua orang di dunia ini tentu bekerja dan berusaha untuk menjadi kaya dan sukses. Diantara sekian banyak orang kaya dan sukses di duni...

Followers

Kritik & Saran

Anda memiliki kritik ataupun saran mengenai artikel kami. Jangan ragu untuk menyampaikan. Kirimkan kritik dan saran anda ke laurensiussteven73@gmail.com . Terima kasih atas perhatiannya :D