Loading...

Pengertian dan Jenis-Jenis Pesawat Sederhana

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, kita tidak dapat terlepas dari berbagai bantuan alat-alat yang sederhana. Misalnya, ketika kita ingin ...

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, kita tidak dapat terlepas dari berbagai bantuan alat-alat yang sederhana. Misalnya, ketika kita ingin memasukkan box berat kedalam sebuah truk, tentu akan sangat susah untuk mengangkatnya bukan? Namun, dengan papan yang dimiringkan, kita dapat memasukkan box berat tadi hanya dengan dorongan saja bukan? Itu berarti, papan yang dimiringkan tadi membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Alat seperti papan yang dimiringkan tadi dapat disebut sebagai pesawat sederhana. Berikut adalah penjelasan mengenai pesawat sederhana


A.Pengertian Pesawat Sederhana
Pesawat Sederhana adalah seluruh alat yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Beberapa contoh dari pesawat sederhana adalah tuas, bidang miring, katrol, roda berporos

B.Jenis-Jenis Pesawat Sederhana
Berikut ini adalah beberapa jenis pesawat sederhana yang sering kita gunakan sehari-hari

1.Pengungkit atau Tuas
Pesawat sederhana yang pertama adalah tuas. Tuas sering digunakan untuk mengangkat benda berat ataupun benda yang berukuran besar. Tuas dibagi menjadi 3 titik, yaitu : Titik Kuasa, Titik Tumpu, dan Beban. Tuas dibagi menjadi 3 golongan berdasarkan letak titiknya. Berikut adalah penggolongan tuas :

a.Tuas Golongan Pertama
Pada tuas golongan pertama, titik tumpu berada diantra titik beban dan titik kuasa. Berikut adalah contoh dari tuas golongan pertama :

Gunting (Tuas Golongan Pertama)
  1. Gunting
  2. Jungkat-Jungkit
  3. Gunting kuku
  4. Linggis

b.Tuas Golongan Kedua
Pada tuas golongan kedua, titik beban berada diantara titik tumpu dan titik kuasa. Berikut adalah contoh dari tuas golongan kedua :

Gerobak beroda satu (Tuas Golongan Kedua)
  1. Gerobak beroda satu
  2. Pemecah biji
  3. Pembuka botol

c.Tuas Golongan Ketiga
Pada tuas golongan ketiga, titik kuasa berada diantara titik tumpu dan titik beban. Berikut adalah contoh dari tuas golongan ketiga :

Pinset (Tuas Golongan Ketiga)
  1. Pinset
  2. Pisau
  3. Pemotong kertas

B.Bidang Miring

Jalan berkelok di pegunungan
Bidang miring adalah suatu permukaan datar yang memiliki sudut dan tidak horizontal ataupun vertikal. Bidang miring berguna untuk memindahkan benda-benda berat dari bawah ke atas ataupun sebaliknya. Bidang miring sangat berguna dalam memudahkan pekerjaan manusia, sebagai contoh : sebuah box sangat berat, yang seharusnya diangkat oleh 4 orang kedalam sebuah truk, dapat dimasukkan kedalam truk oleh 1 orang dengan menggunakan bidang miring. Berikut adalah contoh dari bidang miring :

  1. Papan yang dimiringkan
  2. Jalan di pegunungan yang berkelok-kelok di pegunungan
  3. Baji (Pisau, kater, kampak, dll)

C.Katrol
Katrol adalah benda berputar yang berbentuk roda yang memiliki rongga diseluruh sisinya sebagai tempat tali atau kabel. Katrol digunakan untuk mengangkat atau menarik benda. Katrol dapat digolongkan menjadi 3, yaitu : katrol tetap, katrol bebas, dan katrol majemuk.

a.Katrol Tetap
Katrol tetap adalah katrol yang tetap berada pada posisinya dan tidak berpindah. Biasanya katrol tetap akan ditempatkan pada tempat tertentu. Contoh daripada katrol tetap adalah :

  1. Katrol pada tiang bendera
  2. Katrol pada sumur timba

b.Katrol Bebas
Katrol Bebas adalah katrol yang dapat berpindah posisinya. Katrol bebas diletakkan diatas tali sehingga dapat digerakan. Salah satu ujung tali diikatkan pada tempat tertentu, sedangkan ujung tali lainnya dapat ditarik. Contoh daripada katrol bebas adalah :

  1. Katrol pada pelabuhan peti kemas

c.Katrol Majemuk
Katrol Majemuk merupakan gabungan dari katrol tetap dan katrol bebas. Pada katrol majemuk, beban dikaitkan pada katrol bebas. Salah satu ujung tali dikaitkan pada penampang katrol tetap. Jika ujung tali yang lainnya ditarik maka beban akan terangkat beserta bergeraknya katrol bebas ke atas.

D.Roda Berporos

Roda berporos pada mobil
Roda berporos adalah roda yang diberikan poros yang dapat berputar bersama-sama. Dengan adanya poros pada roda, maka akan memungkinkan roda membuat manusia bergerak lebih cepat dan mudah. Berikut adalah contoh dari roda berporos :

  1. Kursi Roda
  2. Roda Mobil
  3. Roda Sepeda

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Pengertian dan Jenis-Jenis Pesawat Sederhana. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat memberi pengetahuan tambahan mengenai pesawat sederhana kepada pembaca. Terima kasih telah mengunjungi blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀
Pengetahuan 5687194774420912747

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Translate

Pasang Iklan

Contoh banner 2

Popular Posts

Artikel Pilihan

10 Orang Terkaya di Dunia 2018 Versi Majalah Forbes

Semua orang di dunia ini tentu bekerja dan berusaha untuk menjadi kaya dan sukses. Diantara sekian banyak orang kaya dan sukses di duni...

Followers

Kritik & Saran

Anda memiliki kritik ataupun saran mengenai artikel kami. Jangan ragu untuk menyampaikan. Kirimkan kritik dan saran anda ke laurensiussteven73@gmail.com . Terima kasih atas perhatiannya :D