Loading...

Pengertian dan Perbedaan Peta, Atlas, dan Globe

Ketika kita sedang mencari suatu daerah atau wilayah, maka kita akan menggunakan beberapa alat untuk dapat menemukannya. Ada beberapa alat y...

Ketika kita sedang mencari suatu daerah atau wilayah, maka kita akan menggunakan beberapa alat untuk dapat menemukannya. Ada beberapa alat yang dapat menemukan daerah atau wilayah, yaitu peta, atlas, dan globe. Ketiga alat ini memiliki pengertian yang berbeda walaupun sama-sama dapat menemukan suatu daerah atau wilayah. Berikut ini adalah pengertian dari ketiga alat tersebut.

A.Pengertian 

1.Pengertian Peta

Peta Dunia
Peta adalah gambaran konvensional muka bumi atau benda angkasa, yang meliputi perwujudan, letak, maupun data yang berkaitan, seperti tampaknya apabila dilihat dari atas. Peta memiliki skala tertentu yang dilengkapi dengan simbol-simbol tertentu pula.

2.Pengertian Atlas

Atlas Indonesia dan Dunia
Atlas adalah kumpulan peta yang dijilid menjadi sebuah buku dengan bahasa, simbol, dan proyeksi yang pada umumnya seragam. Tiap lembar peta dalam atlas diberi kode atau nomor sesuai dengan lembar indeks.

3.Pengertian Globe

Globe/Bola Dunia
Globe dapat diartikan sebagai tiruan dari bumi yang memberikan gambaran tentang bentuk bumi yang sebenarnya. Globe dibuat semirip mungkin dengan bentuk bumi sebenarnya seperti dengan kemiringan sebesar 66,5 derajat terhadap garis ekliptika dan dibuat dapat berputar pada porosnya (rotasi bumi).

B.Perbedaan
Walaupun ketiga alat tersebut diatas dapat sama-sama menunjukkan letak daerah atau wilayah, namun terdapat perbedaan dari ketiganya. Berikut adalah penjelasannya :

1.Perbedaan Peta dengan Atlas
Peta berbeda dengan atlas, peta hanya memuat satu daerah tertentu saja, misalnya peta Sumatera Utara, maka didalamnya hanya berisikan peta wilayah Sumatera Utara saja. Berbeda dengan atlas yang merupakan kumpulan daripada peta yang dijilid menjadi sebuah buku, sehingga didalam atlas kita dapat menemukan banyak peta. Contoh didalam atlas terdapat peta ke-34 provinsi yang ada di Indonesia.

2.Perbedaan Atlas/Peta dengan Globe
Jika peta/atlas disajikan pada bidang datar menggunakan media seperti kertas, kain, atau kayu tripleks, maka pada globe tidak demikian. Globe memiliki bentuk yang bulat menyerupai bentuk bumi yang didalamnya sudah dipastikan memuat seluruh permukaan bumi dan tidak dapat dipisah-pisah.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Pengertian dan Perbedaan Peta, Atlas, dan Globe. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi informasi kepada pembaca mengenai pengertian dan perbedaan dari peta, atlas, dan globe. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀
Pengetahuan 2008690903865587250

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Translate

Pasang Iklan

Contoh banner 2

Popular Posts

Artikel Pilihan

10 Orang Terkaya di Dunia 2018 Versi Majalah Forbes

Semua orang di dunia ini tentu bekerja dan berusaha untuk menjadi kaya dan sukses. Diantara sekian banyak orang kaya dan sukses di duni...

Followers

Kritik & Saran

Anda memiliki kritik ataupun saran mengenai artikel kami. Jangan ragu untuk menyampaikan. Kirimkan kritik dan saran anda ke laurensiussteven73@gmail.com . Terima kasih atas perhatiannya :D