Loading...

Bentuk-Bentuk Energi

Energi berasal dari bahasa Yunani " energia " yang berarti kegiatan atau aktivitas. Kata itu terdiri atas en  (dalam) dan ergo...


Energi berasal dari bahasa Yunani "energia" yang berarti kegiatan atau aktivitas. Kata itu terdiri atas en (dalam) dan ergon (kerja). Jadi, energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja. Energi memiliki berbagai bentuk yang berbeda-beda. Berikut ini adalah penjelasan mengenai bentuk-bentuk energi.

Bentuk-Bentuk Energi

A.Energi Kimia
Energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam senyawa-senyawa kimia. Beberapa contoh sumber energi kimia antara lain adalah makanan, bahan bakar minyak, kayu bakar, dan aki. Energi kimia dalam makanan akan digunakan untuk menghasilkan energi otot yang berguna untuk kita kerja. Sedangkan energi kimia dari bahan bakar dapat digunakan untuk memasak ataupun menggerakan kendaraan bermesin.

B.Energi Kinetik
Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh benda bergerak. Contohnya adalah mobil yang bergerak, angin yang berhembus, dan baling kipas angin yang bergerak.

C.Energi Potensial
Energi potensial adalah energi yang dimiliki benda karena kedudukannya. Semua benda yang berada di atas bumi memiliki energi potensila karena adanya gravitasi bumi. Contohnya adalah air terjun, buah yang jatuh dari pohonnya.

D.Energi Listrik
Listrik merupakan energi yang paling banyak digunakan saat ini. Energi ini berasal dari perpindahan muatan-muatan listrik. Contoh pemanfaatannya adalah listrik untuk menyalakan lampu, kulkas, tv, dan lain sebagainya.

E.Energi Kalor
Energi kalor merupakan energi yang dapat memengaruhi suhu, volume, atau wujud benda. Salah satu perubahan energi yang sering dijumpai adalah dari energi listrik menjadi kalor misalnya pada kompor listrik, setrika listrik, dan lainnya.

F.Energi Cahaya


Cahaya Matahari
Energi cahaya sangat penting bagi kehidupan, karena energi ini sangat diperlukan oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis, selain itu tanpa adanya cahaya keadaan bumi kita akan gelap gulita. Sumber utama energi cahaya yang ada di bumi adalah matahari.

G.Energi Bunyi
Energi ini dihasilkan dari adanya getaran benda yang membuat partikel udara bergetar dan sampai ke telinga kita. Contohnya adalah bunyi dari alat-alat musik, suara kita sendiri, dan masih banyak lagi.

H.Energi Nuklir


Reaktor Nuklir
Energi nuklir terjadi karena adanya reaksi fisi atau reaksi fusi dalam atom dari unsur radioaktif, misalnya uranium. Energi ini dapat dimanfaatkan untuk sumber energi pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir.

I.Energi Otot


Otot Manusia
Energi otot adalah energi yang dihasilkan oleh otot tubuh. Manusia dan hewan dapat menggerakan organ tubuhnya karena adanya energi dari otot ini. Misalnya manusia dapat mengangkat berbagai macam benda.

J.Energi Biogas
Energi biogas berasal dari gas metana yang terdapat pada kotoran hewan seperti sapi, kerbau, dan kambing. Gas metana dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar gas untuk penerangan dan bahan bakar memasak pengganti gas elpiji.

Itu tadi penjelasan mengenai bentuk-bentuk energi. Semoga artikel ini menambah ilmu pembaca mengenai bentuk daripada energi.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.

Referensi :
TIM ABDI GURU. 2016. IPA TERPADU Jilid 1 Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Erlangga
Pengetahuan 922647823930213283

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Translate

Pasang Iklan

Contoh banner 2

Popular Posts

Artikel Pilihan

10 Orang Terkaya di Dunia 2018 Versi Majalah Forbes

Semua orang di dunia ini tentu bekerja dan berusaha untuk menjadi kaya dan sukses. Diantara sekian banyak orang kaya dan sukses di duni...

Followers

Kritik & Saran

Anda memiliki kritik ataupun saran mengenai artikel kami. Jangan ragu untuk menyampaikan. Kirimkan kritik dan saran anda ke laurensiussteven73@gmail.com . Terima kasih atas perhatiannya :D