Loading...

Ciri-Ciri Benda Tak Hidup

Di sekitar kita selain terdapat mahluk hidup terdapat pula mahluk atau benda tidak hidup. Mahluk hidup dengan benda tak hidup mempunyai c...

Di sekitar kita selain terdapat mahluk hidup terdapat pula mahluk atau benda tidak hidup. Mahluk hidup dengan benda tak hidup mempunyai ciri-cirinya masing-masing. Lantas, apa sajakah ciri-ciri dari mahluk atau benda tak hidup? berikut ini adalah ciri-ciri dari mahluk atau benda tak hidup.

Ciri-Ciri Benda Tak Hidup
Benda tak hidup memiliki ciri-ciri yang berlawanan dengan ciri-ciri mahluk hidup. Berikut ini adalah penjelasannya.

1.Tidak Dapat Bergerak
Benda tak hidup tidak dapat bergerak dengan sendirinya, kecuali terdapat pengaruh dari luar. Contoh meja bergerak karena didorong ataupun ditarik.

2.Tidak Mengadakan Metabolisme
Benda tak hidup tidak memerlukan nutrisi serta tidak melakukan kegiatan respirasi, sintesis, dan ekskresi.

3.Tidak Melakukan Reproduksi
Benda tak hidup tidak dapat memperbanyak dan mempertahankan keberadaanya sendiri. Jadi, benda mati tidak melakukan kegiatan regulasi, reproduksi, adaptasi, dan evolusi. Benda tak hidup dapat memperbanyak keberadaanya karena bantuan dari luar (manusia).

4.Tidak Menanggapi Rangsangan
Benda tak hidup tidak dapat menanggapi rangsangan yang diberikan. Jadi meskipun kita pukul berkali-kali sampai tangan kita sakit sendiri benda tak hidup akan tetap diam saja, dan tidak akan merespon sama sekali yang berbeda dengan mahluk hidup.

Itu tadi penjelasan mengenai ciri-ciri benda tak hidup. Semoga artikel ini memberi ilmu tambahan kepada pembaca mengenai ciri-ciri benda tak hidup.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.

Referensi :
TIM ABDI GURU. 2016. IPA TERPADU Jilid 1 Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Erlangga
Pengetahuan 6695955736354864774

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Translate

Pasang Iklan

Contoh banner 2

Popular Posts

Artikel Pilihan

10 Orang Terkaya di Dunia 2018 Versi Majalah Forbes

Semua orang di dunia ini tentu bekerja dan berusaha untuk menjadi kaya dan sukses. Diantara sekian banyak orang kaya dan sukses di duni...

Followers

Kritik & Saran

Anda memiliki kritik ataupun saran mengenai artikel kami. Jangan ragu untuk menyampaikan. Kirimkan kritik dan saran anda ke laurensiussteven73@gmail.com . Terima kasih atas perhatiannya :D