Loading...

Motif Ragam Hias

Batik Ragam hias adalah bentuk dasar hiasan yang biasanya akan menjadi pola yang diulang-ulang dalam suatu karya kerajinan atau seni. R...

Batik
Ragam hias adalah bentuk dasar hiasan yang biasanya akan menjadi pola yang diulang-ulang dalam suatu karya kerajinan atau seni. Ragam hias dapat diambil dari bentuk-bentuk flora, fauna, manusia, dan geometris. Berikut ini adalah penjelasan mengenai berbagai motif ragam hias tersebut.

Motif Ragam Hias

1.Ragam Hias Flora


Ragam hias flora adalah motif ragam hias yang diambil dari bentuk tumbuhan. Ragam hias ini hampir dapat dijumpai di seluruh Indonesia. Ragam hias ini mudah dijumpai pada barang seni seperti batik, ukiran, kain sulam, kain tenun, dan bordir.

2.Ragam Hias Fauna


Ragam hias fauna adalah motif ragam hias yang diambil dari bentuk hewan. Ragam hias ini dapat digabung dengan motif ragam hias flora maupun geometrik. Daerah yang biasanya menggunakan ragam hias fauna adalah Yogyakarta, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Motif ini dapat dijumpai pada batik, ukiran, sulaman, anyaman, tenun, dan kain bordir.

3.Ragam Hias Geometris


Ragam hias geometris adalah motif ragam hias yang diambil dari bentuk bentuk geometris seperti persegi, segitiga, dan semacamnya. Motif ini dapat dijumpai di hampir seluruh wilayah Indonesia. Ragam hias geometris dapat dibuat dengan menggabungkan bentuk-bentuk geometris kedalam satu motif ragam hias.

4.Ragam Hias Figuratif
Ragam hias figuratif adalah motif ragam hias yang menggunakan manusia sebagai objek yang digambar dengan penggayaan bentuk. Ragam hias ini biasanya terdapat pada bahan tekstil maupun bahan kayu, yang proses pembuatannya dapat dilakukan dengan cara menggambar.

Itu tadi penjelasan mengenai motif ragam hias. Semoga dengan adanya artikel ini menambah ilmu pembaca mengenai ragam hias.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.

Referensi :
1.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Seni Budaya Kelas VII. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.https://id.wikipedia.org/wiki/Ragam_hias
Seni Budaya 9125118640384554314

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Translate

Pasang Iklan

Contoh banner 2

Popular Posts

Artikel Pilihan

10 Orang Terkaya di Dunia 2018 Versi Majalah Forbes

Semua orang di dunia ini tentu bekerja dan berusaha untuk menjadi kaya dan sukses. Diantara sekian banyak orang kaya dan sukses di duni...

Followers

Kritik & Saran

Anda memiliki kritik ataupun saran mengenai artikel kami. Jangan ragu untuk menyampaikan. Kirimkan kritik dan saran anda ke laurensiussteven73@gmail.com . Terima kasih atas perhatiannya :D