Loading...

Perbedaan Masyarakat Pedesaan dan Perkotaan

Banyak sekali perbedaan antara masyarakat yang hidup di daerah pedesaan dengan masyarakat yang hidup di daerah perkotaan. Perbedaan anta...


Banyak sekali perbedaan antara masyarakat yang hidup di daerah pedesaan dengan masyarakat yang hidup di daerah perkotaan. Perbedaan antara masyarakat pedesaan dengan masyarakat perkotaan dapat dilihat dari berbagai aspek. Berikut ini adalah perbedaan antara masyarakat pedesaan dengan masyarakat perkotaan dilihat dari berbagai aspek.

Perbedaan Masyarakat Pedesaan dan Perkotaan

Aspek
Masyarakat Pedesaan
Masyarakat Perkotaan
Lingkungan Alam
Bergantung pada alam
Tidak bergantung pada subur tidaknya keadaan alam
Mata Pencaharian
Petani. Nelayan, peternak
Beraneka ragam sesuai dengan keahlian yang dimiliki
Ukuran Komunitas
Lebih kecil dibandingkan masyarakat kota
Sangat padat dan heterogen
Stratifikasi Sosial
Dilihat dari kepemilikan tanah dan bangsawan
Dilihat dari ukuran kekayaan, pendidikan, dan status social
Mobilitas Sosial
Relatif kecil karena bersifat homogen
Dinamis karena masyarakat bersifat heterogen
Pengawasan Sosial
Berdasarkan kebiasaan, adat istiadat, dan agama
Berdasarkan hukum
Kepemimpinan
Ditentukan oleh kejujuran, kebangsawanan, dan pengalaman
Ditentukan oleh sistem hierarki (susunan tingkat pemerintahan) dan birokrasi
Solidaritas
Sangat tinggi
Berorientasi pada kepentingan material
Sistem nilai
Memegang teguh nilai agama, etika, dan moral
Cenderung pada nilai ekonomi dan pendidikan

Berikut adalah alasan mengapa masyarakat pedesaan dengan masyarakat perkotaan berbeda.

1.Lingkungan Alam dan Mata Pencaharian
Pada umumnya alam didesa masih asri dan banyak lahan yang dapat digunakan untuk pertanian, sehingga mata pencaharian di desa sangat bergantung pada alam. Hal ini berbeda dengan kota yang tidak memiliki lahan untuk pertanian karena difokuskan untuk pembangunan. Sehingga masyarakat kota pada umumnya bermata pencaharian sesuai dengan keahliannya dan tidak bergantung pada alam.

2.Ukuran Komunitas
Kepadatan penduduk di desa tidak sepadat penduduk di kota. Hal ini menyebabkan ukuran komunitas di desa lebih kecil dibandingkan ukuran komunitas di kota. Masyarakat di desa sifatnya homogen sehingga komunitas yang tersedia juga tidak banyak dan gampang dikenali. Berbeda dengan kota yang memiliki banyak kepentingan.

3.Stratifikasi Sosial
Stratifikasi sosial didesa lebih didasarkan pada kepemilikan tanah dan bangsawan, berbeda dengan kota yang dilihat dari ukuran kekayaan, pendidikan, dan status sosial.

4.Mobilitas Sosial
Perpindahan kelas sosial masyarakat pedesaan sangat kecil. Hal ini karena masyarakat pedesaan memiliki ciri-ciri persamaan sosial, psikologis, agama, bahasa, adat istiadat, dan perilaku. Sebaliknya, pada masyarakat perkotaan yang majemuk dengan perbedaan ciri-ciri yang mencolok, perpindahan kelas sosial dapat terjadi kapan saja. Laju perekonomian yang cepat dan gaya hidup juga turut memengaruhi perpindahan kelas sosial masyarakat perkotaan.

5.Pengawasan Sosial
Karena masyarakat pedesaan masih berpegang teguh pada adat istiadat maka alat yang digunakan sebagai pengawas sosial adalah adat istiadat. Sebaliknya, di perkotaan sudah ada hukum yang mengatur perilaku masyarakatnya.

6.Kepemimpinan
Masyarakat di desa pada umumnya memilih pemimpin yang sudah teruji kebijaksanaanya, kejujurannya, dan pengalamannya. Sedangkan di kota seseorang dapat menjadi pemimpin apabila telah mencapai puncak yang tinggi dalam suatu lembaga, memiliki modal, dan memiliki kelompok pendukung.

7.Solidaritas dan Sistem Nilai
Masyarakat pedesaan memiliki solidaritas yang tinggi, rasa kebersamaan, rasa simpati, dan menjunjung kepentingan bersama yang dapat dilihat dari budaya gotong royong. Berbeda dengan masyarakat kota yang cenderung mementingkan kepentingan pribadi dan materi.

Itu tadi penjelasan mengenai perbedaan masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaan. Semoga dengan adanya artikel ini menambah ilmu pembaca mengenai kedua sifat masyarakat tersebut.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.

Referensi :
Suparno, N dan T.D Haryo Tamtomo. 2016. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Esis
Pengetahuan 4183818176302403588

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Translate

Pasang Iklan

Contoh banner 2

Popular Posts

Artikel Pilihan

10 Orang Terkaya di Dunia 2018 Versi Majalah Forbes

Semua orang di dunia ini tentu bekerja dan berusaha untuk menjadi kaya dan sukses. Diantara sekian banyak orang kaya dan sukses di duni...

Followers

Kritik & Saran

Anda memiliki kritik ataupun saran mengenai artikel kami. Jangan ragu untuk menyampaikan. Kirimkan kritik dan saran anda ke laurensiussteven73@gmail.com . Terima kasih atas perhatiannya :D