Loading...

Teori Masuknya Agama Islam ke Indonesia

Agama Islam merupakan agama dengan pemeluk terbanyak di Indonesia. Agama Islam hadir di Indonesia setelah masuknya agama Hindu dan agama...


Agama Islam merupakan agama dengan pemeluk terbanyak di Indonesia. Agama Islam hadir di Indonesia setelah masuknya agama Hindu dan agama Buddha. Ada beberapa teori yang menjelaskan bagaimana agama Islam masuk ke Indonesia. Berikut ini adalah teori-teori yang menjelaskan bagaimana agama Islam masuk ke Indonesia.

Teori Masuknya Agama Islam ke Indonesia

A.Teori Gujarat
Menurut teori ini Islam dibawa ke Indonesia oleh para pedagang Islam Gujarat, India, sekitar abad ke 13 M. Teori ini didukung oleh Snouck Hurgronje, W.F. Suttherheim, dan B.H.M. Vlekke. Bukti dari teori ini adalah batu nisan Sultan Malik al-Saleh (sultan Samudra Pasai) yang bercorak Gujarat dan tulisan Marcopolo yang menyatakan ia mendapati banyak penduduk di Perlak, Aceh Timur, yang beragama Islam serta peran pedagang India dalam penyebaran agama tersebut.

B.Teori Mekkah
Menurut teori ini pengaruh Islam dibawah masuk ke Indonesia sekitar abad 7 oleh pedagang arab. Teori ini didukung oleh Buya Hamka dan J.C. van Leur. Bukti teori ini adalah adanya pemukiman Islam tahun 674 di Baros, pantai sebelah barat Sumatra. 

C.Teori Persia
Menurut teori ini Islam di Indonesia dibawa masuk oleh orang-orang Persia pada abad ke-13. Teori ini didukung oleh Hoesein Djajadiningrat. Bukti dari teori ini adalah Upacara Tabot yang juga dirayakan oleh orang Persia, yaitu upacara untuk memperingati meninggalnya imam Husain bin Ali (cucu Nabi Muhammad SAW), yang dirayakan di Bengkulu dan Sumatra Barat setiap tanggal 10 Muharam atau 1 Asyura. Selain itu bukti lainnya yang mendukung teori ini adalah kesamaan antara ajaran sufi yang dianut Syekh SIti Jenar dan sufi Iran beraliran Al-Hallaj.

Itu tadi penjelasan mengenai teori masuknya agama Islam ke Indonesia. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah ilmu pembaca mengenai masuknya agama-agama di Indonesia.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.

Referensi :
Suparno, N dan T.D Haryo Tamtomo. 2016. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Esis
Sejarah 8258552502559945571

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Translate

Pasang Iklan

Contoh banner 2

Popular Posts

Artikel Pilihan

10 Orang Terkaya di Dunia 2018 Versi Majalah Forbes

Semua orang di dunia ini tentu bekerja dan berusaha untuk menjadi kaya dan sukses. Diantara sekian banyak orang kaya dan sukses di duni...

Followers

Kritik & Saran

Anda memiliki kritik ataupun saran mengenai artikel kami. Jangan ragu untuk menyampaikan. Kirimkan kritik dan saran anda ke laurensiussteven73@gmail.com . Terima kasih atas perhatiannya :D